Sukses


Lewis Hamilton Kampiun GP Belgia

Bola.com, Spa - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, tampil sebagai kampiun pada GP Belgia 2015. Melahap 43 lap di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (23/8/2015), Hamilton finis paling depan dengan catatan waktu 1 jam 23 menit 40.387 detik.

Dia mengungguli rekan setimnya, Nico Rosberg, dan pebalap Lotus, Romain Grosjean, yang berturut-turut melintasi garis finis di urutan kedua dan ketiga. Rosberg menyelesaikan balapan dengan selisih waktu 2.058 detik, sedang Grosjean lebih lambat 37.988 detik.

Lewat kemenangan ini, Hamilton kini unggul 25 angka atas Rosberg. Hamilton kokoh di puncak klasemen dengan raupan 227 poin.

Selain itu, keberhasilan pebalap berusia 30 tahun tersebut juga menambah deret kemenangannya di Sirkuit Spa menjadi tiga kali. Dua di antaranya diraih dari pole position.

"Akhir pekan yang luar biasa lagi. Ini merupakan hasil luar biasa dari tim. Kemenangan hari ini seperti mimpi," tutur Hamilton seusai balapan.

Hamilton membukan balapan GP Belgia tahun ini dengan start sempurna. Sukses mengeksekusi aturan start baru, pebalap asal Inggris itu langsung memimpin jalannya lomba.

Sayang, keberhasilan Hamilton menjalani start baru tidak diikuti Rosberg. Mencatat start buruk, Rosberg, yang mendapat posisi start kedua, harus tergeser sampai ke urutan keenam.

Beruntung, situasi tersebut tidak berlangsung lama. Didukung mesin mumpuni plus kecepatan jet darat pabrikan Mercedes, Rosberg mampu memperbaiki posisinya hingga akhirnya menjejak podium runner up.

Sementara itu, nasib kurang baik diraih sejumlah pebalap lain, termasuk juara bertahan Daniel Ricciardo dan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel. Ricciardo, yang membalap untuk tim Red Bull Racing harus keluar dari balapan pada lap ke-21. Sedangkan Vettel, terpaksa menandai milestone balapan ke-150-nya dengan mengalami pecah ban belakang kanan di lap ke-42. Tapi, Vettel masih bisa menyelesaikan balapan.

Sebelum mereka berdua, pebalap Force India, Nico Hulkenberg, gagal mengikuti lomba lantaran mengalami gangguan mobil saat menjalani sesi warm-up lap. Pun demikian dengan pebalap Toro-Rosso, Carlos Sainz, dan pebalap Lotus, Pastor Maldonado, yang harus menelan pil pahit.

Sainz cuma bisa merasakan balapan selama satu putaran, sedangkan Maldonado, hanya dapat menjajal Sirkuit Spa sebanyak dua lap. Setelah itu, gangguan mesin mobil memaksa Maldonado mundur dari balapan. Menjadikan rekor retired-nya bertambah menjadi enam kali pada musim 2015.

Hasil balapan (posisi-pebalap-tim-catatan waktu/selisih waktu)

1. Lewis Hamilton, Mercedes, 1 jam 23 menit 40.387 detik
2. Nico Rosberg, Mercedes, +2.058 detik
3. Romain Grosjean, Lotus, +37.988 detik
4. Daniil Kvyat, Red Bull Racing, +45.692 detik
5. Sergio Perez, Force India, +53.997 detik
6. Felipe Massa, Williams, +55.283 detik
7. Kimi Raikkonen, Ferrari, +55.703 detik
8. Max Verstappen, Toro Rosso, +56.076 detik
9. Valtteri Bottas, Williams, +1 menit 01.040 detik
10. Marcus Ericsson, Sauber, +1 menit 31.234 detik
11. Felipe Nasr, Sauber, +1 menit 42.311 detik
12. Sebastian Vettel, Ferrari, Tyre
13. Fernando Alonso, McLaren, +1 Lap
14. Jenson Button, McLaren, +1 Lap
15. Roberto Merhi, Marussia, +1 Lap
16. Will Stevens, Marussia, +1 Lap

Gagal finis

Carlos Sainz, Toro Rosso, Retirement
Daniel Ricciardo, Red Bull, Retirement
Pastor Maldonado, Lotus, Retirement
Nico Hulkenberg, Force India, Not started

Baca juga:

Kualifikasi Buruk, Vettel Pede Naik Podium di GP Belgia

Raih Pole Postion, Hamilton Girang Bukan Kepalang

Lewis Hamilton Raih Pole Position GP Belgia

Video Populer

Foto Populer