Sukses


Mengintip Peluang Hamilton Kunci Gelar di GP AS

Bola.com, Austin - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, sudah dekat dengan trofi juara dunia Formula One (F1) 2015. Hamilton bisa mengunci gelar juara pada seri balapan Grand Prix (GP) Amerika Serikat (AS), 23-25 Oktober 2015.

Saat ini Hamilton bertengger di puncak klasemen sementara pembalap dengan raihan 302 poin. Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, menempati posisi kedua dengan 236 poin. Di tempat ketiga ada rekan setim Hamilton, Nico Rosberg, yang sudah mengoleksi 229 poin.

Ini artinya, Hamilton tak hanya harus menang jika ingin mengunci gelar di AS. Dia juga harus berselisih 9 poin dengan Vettel pada balapan nanti. Lalu, dia juga harus mengungguli perolehan poin Nico Rosberg (Mercedes GP) di GP AS sebanyak dua poin.

Skenarionya, bila Hamilton finis pertama, Vettel harus finis di urutan ketiga atau lebih rendah. Sedangkan Rosberg, maksimal finis kedua.

Peluang untuk menyabet gelar juara dunia cukup terbuka. Pasalnya, pebalap 30 tahun ini punya catatan manis setiap bertarung di GP AS.

Dalam empat balapan di Negeri Paman Sam sebelumnya, tiga di antaranya sukses dikuasai Hamilton. Kegagalan Hamilton keluar sebagai juara di AS terjadi pada musim 2013. Ketika itu, dia hanya menempati posisi ke-4.

Selain catatan manis itu, faktor lain yang menunjang kemungkinan Hamilton juara di AS adalah karena performanya. Dia dinilai sedang berada dalam performa terbaiknya.

Hal ini bisa terlihat dari hasil yang diraih mantan pembalap McLaren tersebut di beberapa balapan sebelumnya. Dalam 15 kali balapan, Hamilton hanya dua kali terlempar dari posisi tiga besar. Sementara itu, pada 9 di antaranya sukses dikuasai oleh Hamilton.

"Lewis pebalap yang fantastis. Dia selalu menjadi pebalap yang spesial dan saya pikir dia berada dalam puncak performanya saat ini. Dia lebih baik daripada sebelumnya dan dia pebalap yang sangat sulit untuk dikalahkan," ujar Direktur Eksekutif Mercedes, Paddy Lowe, kepada Sky Sports News, Rabu (21/10/2015). (Wirawan Kusuma)

Baca Juga: 

Hamilton Akan Perlakukan GP AS Seperti Balapan Lain

Lewis Hamilton Nilai Nico Rosberg Pemain Tim yang Baik

Hamilton: Saya Belum Pasti Juara Dunia

Video Populer

Foto Populer