Sukses


Tim Sembilan : PSSI Harus Tunduk Kepada Negara

Bola.com, Jakarta - Tim Sembilan sudah resmi dibubarkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Meski pembentukan Tim Sembilan sempat menuai pro dan kontra, salah satu anggota Imam Prasodjo menilai timnya berhasil memberikan rekomendasi positif untuk memperbaiki tata kelola sepak bola Indonesia.

Pria yang merupakan Sosiolog itu menyebut ada tiga poin dasar yang didapatkan Tim Sembilan ketika berdialog dengan para pihak terkait sehingga menjadi acuan timnya mengambil keputusan.

"Yang pertama sejak semula kita mengatakan olahraga yang menjunjung tinggi sportivitas tapi olahraga ini menjadi mencederai kejujuran. Oleh karena itu kita sangat tergugah untuk membangun karakter bangsa jadi lebih baik," kata Imam saat jumpa pers di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Kemudian yang kedua ia mengatakan bagaimana olahraga bisa berjalan baik, bila cara berorganisasi masih kurang bagus. "Kita juga menemukan perlunya tata kelola yang baik tidak mungkin integritas yang baik tanpa mengedepankan organisisai yang good goverment," ujarnya.

Terakhir Imam meminta PSSI bisa bekerjasama dengan Pemerintah. Sebab induk sepak bola Indonesia berada di bawah naungan negara yang mempunyai aturan hukum.

"PSSI berkaitan dengan kedaulatan negara. Jadi negeri ini sebagai komunitas internasional bersinggungan dengan olahraga negara lain. Namun, tidak bisa negara dalam negara. Kita tunduk dengan aturan internasional tapi di saat yang sama aturan internasional juga harus menghormati aturan di dalam negeri kita sendiri," tuturnya.

Baca juga :

SEA Games 2015: Indonesia Tidak Masuk Grup Neraka

Hadapi SEA Games, 24 Pemain Dipanggil Ikuti TC Timnas U-23

SEA Games 2015: Timnas U-23 Ditargetkan Raih Emas

Video Populer

Foto Populer