Sukses


Soal Visa Pahang FA, BOPI: Ada Kesalahpahaman

Bola.com, Jakarta - Badan Olah Raga Profesional Indonesia (BOPI) menilai telah terjadi kesalahpahaman soal tidak keluarnya visa tiga pemain Pahang FA. Akibat hal itu, pertandingan Persipura Jayapura melawan klub asal Malaysia tersebut di babak 16 besar Piala AFC batal terlaksana.

Tim Mutiara Hitam semestinya menjalani laga melawan Pahang FA, Selasa (26/5), di Stadion Mandala, Jayapura. Laga itu urung dilaksanakan lantaran Pahang FA kembali ke Malaysia meski sudah tiba di Jakarta pada Sabtu (23/5). Tindakan Pahang FA itu dipicu tidak keluarnya visa bagi tiga pemain asing mereka.

Sekjen BOPI, Herman Nugroho, mengatakan seharusnya hal ini tidak terjadi bila Pahang FA mengerti adanya visa on arrival. Visa on arrival (VOA) adalah izin masuk warga negara asing ke negara lain yang bisa diperoleh langsung di negara tujuan atau di kedutaan besar negara tujuan.

"Seharusnya pihak klub tahu kalau ada syarat-syarat yang harus dipenuhi jika berkunjung ke Indonesia, apalagi ada pemain mereka yang berasal dari negara yang harus membawa visa jika ke Indonesia," ucap Heru di kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (28/5).

"Tiga pemain itu dari Jamaika, Nigeria, dan Pakistan yang tidak bisa memakai visa on arrival, karena mereka tidak termasuk dalam 64 negara yang bekerja sama dengan Indonesia," tambahnya.

Heru menambahkan saat ini pihaknya sedang berkomunikasi dengan AFC agar partai Persipura melawan Pahang FA bisa diagendakan ulang. AFC dalam pernyataan resminya masih mengumpulkan keterangan sebelum mengambil keputusan.

Baca Juga :

Ini Alasan BOPI Tak Keluarkan Rekomendasi Turnamen Pra Musim

BOPI Tak Beri Rekomendasi, Turnamen Pra Musim Batal Digelar

FIFA Peringatkan BOPI dan Menpora

 

Video Populer

Foto Populer