Sukses


Ini Kronologi Masalah Visa Versi Pahang FA

Bola.com, Petaling Jaya - Pahang FA kembali ke Malaysia setelah imigrasi tiga pemain asing mereka ditolak. Mereka batal bertanding dalam laga putaran 16 besar Piala AFC melawan Persipura Jayapura, Selasa (26/05). Mengulik peraturan konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Pahang menyatakan mereka ada di sisi yang dirugikan.

Pahang memiliki empat pemain asing di skuatnya. Akan tetapi, tiga di antaranya memiliki masalah dengan visa masing-masing. Ketiga legiun asing itu adalah Dickson Nwakaeme asal Nigeria, Zesh Rehman (Pakistan), dan Damion Stewart (Jamaika).

The Elephants akan menulis kepada AFC untuk menjelaskan situasi dan menjelaskan bahwa Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) tidak memberikan bantuan yang diperlukan untuk memudahkan perjalanan Pahang.

"Kami telah melakukan segala sesuatu dalam cara kami untuk mencari bantuan dalam memperoleh visa bagi pemain kami," kata manajer tim Fahrizal Hassan dikutip dari situs resmi klub.

"Kami telah meminta PSSI untuk menyediakan dokumen pendukung sejak pekan lalu, bahkan Persatuan Sepakbola Malaysia (FAM) turut mengajukan permohonan. Kami diberitahu bahwa visa pemain asing kami akan dikeluarkan pada saat kedatangan. Namun, tidak ada pejabat PSSI di bandara dan kami mendapatkan masalah yang rumit ini.”

Trio pemain asing Pahang kemudian dikirim pulang karena tidak memiliki jenis visa yang tepat. Regulasi soal visa merupakan persyaratan di bawah hukum imigrasi Indonesia untuk pemegang paspor dari negara-negara tertentu.

"Kami memutuskan untuk mengambil penerbangan pulang pada pagi berikutnya. Sebagai bentuk solidaritas bagi tiga pemain yang ditahan sementara di pusat penahanan imigrasi, seluruh tim memutuskan untuk tidur di bandara," tutur Fahrizal.

Menurut manajemen klub perwakilan Malaysai ini, pengurusan visa memakan waktu sampai satu bulan. Namun, Pahang baru mengetahui lawan Piala AFC mereka dua minggu lalu. Oleh karena itu, PSSI sebagai lembaga yang menaungi sepak bola Indonesia diwajibkan oleh regulasi AFC untuk membantu percepatan aplikasi visa klub tamu.

Fahrizal dalam kesempatan lain bahkan sempat mengatakan bahwa regulasi AFC bisa saja memberikan mereka kemenangan walk-over lantaran masalah ini.

"Kami telah mengajukan laporan kepada AFC yang menjelaskan bahwa tuan rumah telah gagal untuk memberikan bantuan dalam memfasilitasi persyaratan perjalanan," kata Fahrizal.

"Buku peraturan mengatakan bahwa kami harusnya diberikan kemenangan walk-over, tapi kami harus menunggu AFC untuk memutuskan masalah ini,” tandasnya.

Berikut peraturan AFC yang menjadi azas kemungkinan diberikannya sanksi kepada Persipura.

Baca Juga:

Soal Visa Pahang FA, Persipura : Kami Justru Disalahkan

BOPI Salahkan PSSI Terkait Visa Pemain Pahang FA

Wapres Minta Pembekuan PSSI Dicabut, Timnas U-23 Kian Semangat

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer