Sukses


Presiden Jokowi Dukung Penuh Langkah Menpora Bekukan PSSI

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sikapnya terkait kisruh sepak bola nasional yang melibatkan PSSI dan Kemenpora. Jokowi mendukung sepenuhnya langkah Menpora Imam Nahrawi dalam membenahi sepak bola nasional.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Senin (25/5/2015) WIB menggelar pertemuan bersama Menpora Imam Nahrawi, Dewan Kehormatan PSSI Agum Gumelar, Ketua KOI Rita Subowo, dan Wakil Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan.

Melalui pertemuan tersebut, disepakati bahwa sepak bola Indonesia harus tetap jalan seperti biasa dan Menpora diminta merevisi Surat Keputusan Nomor 01307 Tahun 2015 tentang Sanksi Administratif berupa tak diakuinya seluruh kegiatan PSSI.

Usai bertemu Wapres, Imam Nahrawi langsung menemui Presiden. Menpora pun kemudian menyampaikan pernyataan yang mengejutkan. Dia mendukung langkah Menpora untuk membenahi sepak bola nasional.

Melalui lama resmi Facebook-nya, Presiden Jokowi akhirnya menyampaikan sikapnya secara gamblang. "Sikap saya dalam kisruh PSSI sudah cukup jelas: Mendukung sepenuhnya langkah Menpora Imam Nahrawi dalam membenahi sepak bola nasional. Saya sampaikan ke Menpora untuk terus melanjutkan reformasi persepakbolaan nasional."

"Saya juga memerintahkan Menpora untuk tetap menjamin kompetisi sepak bola antar daerah yang harus terus bergulir. Dalam pembenahan sepak bola yang terpenting adalah pembinaan sepak bola yang menjadi dasar kompetisi yang fair," lanjut pernyataan Jokowi.

Pembekuan yang dilakukan Menpora terhadap PSSI selama ini telah membuat Indonesia berada di bawah ancaman sanksi FIFA. Pembekuan juga telah menimbulkan gejolak di sepakbola Indonesia dan membuat kompetisi di segala level terhenti.

"Hal ini membutuhkan organisasi bola yang sehat dan dipercaya masyarakat. Saat ini waktunya untuk berbenah. Tidak apa-apa absen dalam kompetisi internasional sementara, tapi kita bisa membangun prestasi besar di masa datang."

"Kalau organisasi sepak bola kita tertata dengan baik barulah kita bicara capaian prestasi. Saya yakin setelah pembenahan ini selesai prestasi sepak bola kita terus merangkak naik," demikian Jokowi.   

Baca Juga:

Persipura Mania Tuntut Menpora, BOPI, Imigrasi Tanggung Jawab

Menpora: Sikap Presiden dan Wapres Soal PSSI Tidak Berbeda

Tanpa Menpora, Ketua KOI Lepas Kontingen SEA Games 2015

Video Populer

Foto Populer