Sukses


Statistik Menunjukkan Timnas U-23 Pantas Menang atas Filipina

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 pantas menang atas Filipina dalam lanjutan penyisihan Grup A SEA Games 2015 Singapura di Stadion Jalan Besar, Selasa (9/6). Data-data statistik pertandingan sajian Labbola menunjukkan Tim Garuda Muda unggul jauh dibanding kubu lawan.

Penguasaan bola timnas U-23 unggul jauh dibanding Filipina. Evan Dimas dkk. menguasai 60 persen jalannya pertandingan.

Di sisi lain tim asuhan Aji Santoso juga amat dominan dalam memainkan passing games. Sepanjang laga Tim Merah-Putih melakukan 443 operan sukses.

Di laga kedua melawan Kamboja passing sukses Tim Merah-Putih mencapai  348 kali (80 persen). Di bentrok sebelumnya kontra Myanmar tercatat timnas U-23 hanya 257 kali (75 persen) melakukan passing sukses.

Dengan kata lain penggawa timnas U-23 terlihat kian menikmati permainan.

Adam Alis jadi pemain paling sering melakukan operan sukses sebanyak 57 kali, diikuti Zulfiandi (55) dan Paulo Sitanggang (51). 

Catatan ini kian mempertegas dominasi sektor tengah Indonesia atas tim lawan. Harus diakui sinergi trio jebolan Timnas Indonesia U-19 didikan Indra Sjafri, Evan Dimas-Zulfiandi-Paulo Sitanggang jadi kartu truf yang menghidupkan permainan.

Jika saat masih bermain di timnas U-19 Evan lebih sering diposisikan sebagai pembagi bola utama, di skuat SEA Games kali ini ia terlhat lebih diplot sebagai penyerang lubang. Dua gol yang dicetak gelandang Persebaya Surabaya menegaskan naluri membunuh Evan kian terasah.

Catatan tembakan timnas U-23 juga lumayan. Di duel melawan The Azkals, timnas U-23 tercatat melakukan 23 shooting, sembilan di antaranya tepat sasaran. Di laga sebelumnya timnas U-23 melayangkan 24 tembakan, 11 di antaranya tepat ke sasaran (arah gawang).

Penurunan ini agaknya juga ada kaitannya dengan strategi tim pelatih mengganti sejumlah pemain di paruh kedua laga. Sang mentor agaknya punya kepentingan menjaga stabilitas kebugaran anak-asuhnya.

Laga lanjutan kontra Singapura amat krusial untuk menentukan nasib Indonesia melaju ke semifinal SEA Games atau terhenti di penyisihan.

Untuk highlights pertandingan lengkap, bisa dilihat di sini:

 

Baca Juga:

Bungkam Filipina, Timnas U-23 Jaga Asa Ke Semifinal

Myanmar Kalahkan Filipina, Timnas U-23 Makin Pede

(Wawancara) Muchlis Hadi : Saya Lega tapi Belum Puas

Video Populer

Foto Populer