Sukses


Sriwijaya FC Belum Pasti Ikut Piala Presiden

Bola.com, Jakarta Manajemen Sriwijaya FC belum dapat memastikan bakal ikut serta dalam ajang Piala Presiden. Apalagi, kejuaran tersebut digagas pihak independen dan tidak terlibat langsung dalam program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) maupun PSSI.

Turnamen Piala Presiden yang dicetuskan Event Organizer (EO) Mahaka rencananya digelar seusai Hari Raya Idul Fitri. Nantinya, kompetisi tersebut bakal diikuti 12 klub yang berasal dari ISL dan Divisi Utama.

“Dalam waktu dekat kita ada kegiatan peringatan ultah klub yang ke-10 tahun dan fokus utama masih ke persiapan laga eksebisi antara Sriwijaya FC melawan Starball Indonesia pada 27 Juni mendatang," ujar Sekretaris Sriwijaya FC, Ahmad Haris.

"Untuk memutuskan apakah ikut serta atau tidak dalam Piala Presiden kita masih menunggu arahan langsung dari Presiden Klub. Yang jelas seperti pernyataan sebelumnya kita tidak mungkin ikut dalam kegiatan yang tak diselenggarakan Menpora atau tidak mendapatkan rekomendasi dari PSSI," lanjutnya.

Sementara itu, sekretaris PT SOM selaku pengelola SFC, Faisal Mursyid mengatakan pihaknya sudah mendapatkan undangan secara resmi dari promotor turnamen Piala Presiden, yakni Mahaka Sports dan Entertainment pada Minggu lalu.

"Kita sudah menerima undangannya pada tanggal 9 Juni lalu, memang dalam surat yang dikirimkan itu tidak menyatakan atau tidak ada lampiran yang menyebutkan turnamen ini diselenggarakan oleh Tim Transisi. Soal apakah SFC akan ikut serta masih akan dibahas lebih detail saat rapat jajaran manajemen dalam waktu dekat," jelas Faisal.

Terkait laga eksebisi melawan Starball Indonesia, Faisal sendiri menyatakan pihaknya sudah mengirimkan permohonan izin kepada Polresta Palembang dan Polda Sumsel.

"Semuanya masih dalam proses, namun kita optimis kegiatan ini dapat berlangsung karena memang murni kegiatan SFC dan tidak melibatkan PSSI," tambahnya.

Namun hingga saat ini, izin pertandingan tersebut secara resmi belum dikeluarkan oleh Polresta Palembang. "Pada 12 Juni lalu kita memang sudah menerima secara resmi kunjungan dari manajemen SFC ke Polresta, sekaligus bersilaturahmi dengan Kapolresta Palembang yang baru Kombes Pol Tjahyono Prawoto," ujar Kapolresta Palembang melalui Kasat Intelkam Polresta, Kompol Budi Santoso.

"Intinya kita siap mengamankan laga tersebut seperti pelaksanaan pertandingan sebelumnya."

Meskipun demikian, dirinya menyatakan untuk penyelenggaraan pertandingan tersebut, pihak kepolisian tetap membutuhkan rekomendasi dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

"Kami hanya melaksanakan aturan, dan sesuai arahan sebelumnya maka diperlukan rekomendasi tersebut agar pertandingan dapat diselenggarakan," jelasnya.

Perwakilan suporter SFC, Arie Firdaus mengaku prihatin jika laga ini akan gagal diselenggarakan karena terganjal rekomendasi BOPI. "Semua orang sudah merindukan sepakbola, apalagi sekarang sanksi FIFA sudah turun. Saatnya semua pihak baik Menpora atau PSSI mengedepankan islah untuk perbaikan."

"Lagipula jika Palembang tidak mendapatkan izin rasanya cukup aneh, karena di Malang ada eksebisi antara Arema melawan Bali United, kemudian di Jawa Tengah ada turnamen Piala Polda Jateng, semuanya bisa berlangsung, semestinya laga eksebisi SFC melawan Starball Indonesia juga dapat dimainkan," ungkap anggota SFC Kaskus ini.

Dirinya pun mengaku sangat heran dengan perseteruan antara Manpora dan PSSI yang hingga saat ini belum menunjukkan akan cair. "Dalam rapat bersama DPR, pihak Menpora sudah menyatakan siap bertemu dengan PSSI, tentunya kita senang mendengar wacana tersebut, tapi sampai sekarang belum ada kelanjutannya."

"Selain itu, ada proses peradilan di PTUN yang mengeluarkan putusan, tapi entah kenapa seperti tidak ada pengaruhnya sama sekali. Kami percaya bahwa konflik ini hanya akan berakhir jika kedua pihak mau duduk bersama, sudah saatnya bukan bicara menang-kalah, namun kepentingan sepakbola nasional yang harus dipikirkan," harapnya.

Baca Juga: 

Manajemen Sriwijaya FC Tak Tahu Pemainnya Ikut Tarkam

Kompetisi Dihentikan, Gaji Pemain Sriwijaya FC Tetap Lancar

Sriwijaya FC Coret Maitimo Plus Trio Asingnya?

Video Populer

Foto Populer