Sukses


Jordus Cup: Tarkam Seru saat Ramadan dan Lebaran di Tanahdatar

Bola.com, Padang - Bila Makassar punya Liga Ramadhan, sepak bola Sumatra Barat tak mau ketinggalan. Di Kabupaten Tanahdatar, sekitar 2,5 perjalanan dari Kota Padang, ada Jordus Cup.

Tahun ini penyelenggaraan Jordus Cup sudah yang ke-13 kalinya. Artinya, turnamen yang digelar tiap Bulan Ramadan ini sudah berjalan selama 13 tahun. Seperti turnamen di daerah lain yang digelar di masa Ramadan, Jordus Cup awalnya merupakan ajang silaturahmi. Khususnya bagi pesepak bola yang selama ini merantau keluar Sumbar.

Adalah Yasman Yanusar, salah satu pengusaha lokal Sumbar yang dikenal royal untuk sepak bola dan futsal di Sumbar, yang jadi pemrakarsa turnamen ini. Yasman, yang juga pembina PS Jordus serta pemilik Rafhely Futsal, mengungkapkan Jordus Cup 2015 diprediksi akan tetap berlangsung semarak meski tanpa kehadiran juara bertahan, PSP Padang.

"Sampai hari ini peserta Jordus Cup sudah delapan peserta. PSP Padang kemungkinan absen karena belum mempersiapkan tim," ujar Yasman, Minggu (5/7/2015).

Delapan tim tersebut adalah Gasliko Limapuluh Kota, Bukittinggi FC, Persepar Padang Pariaman Selection, Talawi Putra FC, PPLP Pekanbaru Riau, Ramadan FC, Diklat All Star Sumbar, dan tuan rumah, Jordus FC. Kontestan bertanding menggunakan sistem gugur.

Jordus Cup 2015 dipertandingkan di Lapangan Pulai Sungayang, Tanahdatar, 19-26 Juli 2015. Jadi, tak hanya menjanjikan tontonan menarik jelang berbuka (ngabuburit), pecinta sepak bola juga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat menyaksikan keseruan Jordus Cup di masa Lebaran nanti. Melihat pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, turnamen ini selalu dibanjiri penonton. Penggemar sepak bola Sumbar tumpah-ruah hingga garis lapangan.

Seperti pelaksanaan sebelumnya, sederet pemain profesional bakal ambil bagian pada turnamen yang bertajuk antarkampung alias tarkam ini. Kapten Semen Padang FC, Hengki Ardiles dan sang adik Revalino (Eks Persebaya 1927) serta Jumadi Rais (PSP Padang) dipastikan memperkuat Ramadan FC.

Ramadan merupakan tim yang dibentuk oleh mantan-mantan pemain Semen Padang dan PSP Padang. Dinamakan Ramadan karena tim ini dibentuk pada bulan Ramadan.  Sejak jadi peserta, klub yang bermarkas di kota Padang itu telah mengoleksi dua kali gelar, masing-masing pada 2009 dan 2012.

Tidak hanya pesepak bola profesional karena pefutsal nasional juga ikut tarkaman ini. Hanya, kali ini Randy "Akank" Satria Mushar, yang tahun lalu juga bermain di Ramadan, hingga saat ini belum memutuskan keikutsertannya di Jordus Cup 2015.

Meski berkemungkinan besar mudik ke Padang pada Idul Fitri nanti, pilar penting IPC Pelindo Jakarta itu belum bisa memastikan ikut. "Kalau main belum pasti, lihat nanti saja," ujar Akank melalui pesan Blackberry kepada Bola.com.

Kendati lebih bersifat silaturahmi dan hiburan, panpel Jordus Cup tetap memberikan iming-iming hadiah bagi peserta. Total hadiah sebesar Rp16 juta disiapkan untuk jadi pemanis. Tim juara diganjar 8 juta rupiah, sementara runner-up berhak menerima Rp 6 juta. Khusus gelar pemain terbaik bisa pula diberikan kepada top scorer yang membawa timnya juara.

Baca Juga :

Feature : Aktivitas Skuat Semen Padang Saat ISL 2015 Terhenti

Atep Urusi SSB dan Usaha Futsal Jika Indonesia Masih Disanksi

Liga Ramadhan Makassar: Tontonan Gratis Aksi Pemain ISL

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer