Sukses


Eks Pemain Timnas: Pemain Muda Sekarang Manja!

Bola.com, Banyuwangi - Ajang Sunrise of Java Cup 2015 (SoJC) jadi semarak karena kehadiran Indonesia All Stars. Sebab, tim besutan Aji Santoso ini dihuni beberapa pemain timnas U-23 di SEA Games 2015 Singapura, yang punya skill dan performa apik.

Namun, ada satu hal yang dianggap sebagai 'kekurangan' atau nilai minus di mata pelaku sepak bola Tanah Air.

Menurut asisten pelatih Arema Cronus yang merupakan mantan pemain timnas, Kuncoro, para pemain muda yang tergabung di Indonesia All Stars masih manja. Kuncoro melihat hal itu langsung kala Indonesia All Stars memainkan laga perdananya kontra Persewangi di Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Rabu (29/7/2015) malam.

Pria 42 tahun ini terlihat geram dengan tingkah gelandang Adam Alis saat kakinya terinjak gelandang Persewangi, Javad Moradi.

"Coba lihat, kalau dilanggar lawan jatuhnya seperti habis kena pelanggaran keras saja. Yang sakit kakinya, tapi badannya sampai gulung-gulung sambil tangannya pukul-pukul tanah. Kalau sakit, sudah jatuh, diam saja di lapangan," katanya.

Adam Alis saat ditandu keluar dari lapangan di Sunrise of Java Cup 2015 (Bola.com/Kevin Setiawan)

Setelah insiden itu, Adam memang ditarik keluar oleh Aji Santoso, pelatih Indonesia All Stars. Terlepas dari cedera Adam parah atau tidak, Kuncoro berharap pemain muda sekarang harusnya bisa lebih kuat di lapangan.

"Pemain era dulu, dihajar seperti apa di lapangan, tidak berlebihan reaksi kesakitannya. Mungkin anak muda sekarang lebih banyak melihat gaya pemain Eropa. Tapi, bukan skill-nya yang ditiru, melainkan aksi jatuhnya," kritiknya.

Saat masih aktif bermain, Kuncoro dikenal sebagai pemain yang garang dan emosional di lapangan. Pelanggaran keras juga sering dilakukannya. Tapi, mantan pemain Arema dan PSM Makassar itu tangguh ketika dikasari lawan.

Mantan pemain timnas di medio 90-an itu masih ingat saat bermain di Arema pada 2001. Melawan Persma Manado, kepalanya bocor setelah berbenturan dengan lawan. Tapi, dia justru bisa mencetak gol dengan heading. Padahal, kapas dan perban sudah menempel di kepalanya. 

Kuncoro berharap mental dan fisik pemain muda Indonesia, khususnya yang berstatus pemain timnas, bisa lebih tangguh dari pemain generasi sebelumnya sehingga prestasi bisa datang. Meski, saat ini timnas harus absen tampil di ajang internasional karena sanksi FIFA.

Baca Juga :

Ferdinand Tak Berkutik, Persewangi Takluk dari Indonesia All-Star

Jadwal Pertandingan Lengkap Sunrise of Java Cup 2015

Persiapan Mepet, Arema Sempatkan Intip Lawan di SoJC 2015

 

 

Video Populer

Foto Populer