Sukses


5 Menit Main, Ryuji Utomo Diganjar Kartu Kuning di Laga "Debut"

Bola.com, Manama - Ryuji Utomo Prabowo, yang baru lima hari berada di Manama, Bahrain, dan bergabung bersama Al Najma, tak memiliki banyak waktu bersantai. Klub Divisi Dua Bahrain itu terus menggenjot persiapan jelang kompetisi reguler yang mulai digelar Oktober 2015.

Sebelum tampil di kompetisi reguler, Al Najma terlebih dulu terjun di turnamen pramusim, Federation Cup, mulai September 2015. Alhasil, Ryuji memiliki tantangan untuk bisa beradaptasi secepat dan sebaik mungkin bila ingin tampil sebagai starter dalam kerangka tim asuhan pelatih Ali Asoor.

Saat ini Al Najma sudah mulai menggelar uji coba sebagai salah satu persiapan jelang Federation Cup dan kompetisi musim 2015-2016. Pada Kamis (20/8/2015) malam waktu setempat, Al Najma menjajal klub Premier League, Malkiya, di home base Al Najma, Jufair. Uji coba ini jadi yang ketiga buat Al Najma dan jadi yang pertama buat Ryuji.

Bek muda masa depan Indonesia itu mendapat kepercayaan pelatih Ali sejak menit pertama. Ryuji baru ditarik dan digantikan pemain lain di menit ke-60.

Ada sejumlah catatan yang menyertai partai "debut" Ryuji bersama Al Najma. Asisten pelatih Al Najma, Rudy Eka Priyambada, mengungkapkan setidaknya ada empat hal yang jadi tantangan bagi Ryuji  yang berkiprah di Bahrain. Empat hal itu, yakni cuaca, teman, gaya permainan, dan kebudayaan (termasuk bahasa).

Soal gaya permainan, Ryuji langsung merasakan sendiri di laga "debutnya" kontra Malkiya. Baru bermain setidaknya lima menit, mantan bek timnas U-19 itu dianggap membuat pelanggaran dan diganjar kartu kuning yang membuahkan hukuman penalti. Beruntung, penalti yang diambil lawan gagal dikonversikan jadi gol.

Ali Asoor dalam nada bercanda, seperti dikutip lewat Rudy, memberi ucapan "selamat datang" kepada Ryuji ke pentas sepak bola Bahrain. "Welcome to Bahrain. Di sini (sepak bola kawasan Arab), banyak yang melakukan diving dan kerap komplain ke wasit. Kamu harus lebih waspada bila mendekati lawan dan melakukan tekel," ujar sang pelatih kepada Ryuji.

Meski membuat pelanggaran di menit awal, secara keseluruhan tim pelatih senang dengan kehadiran Ryuji di lini belakang. Keberadaan bek berusia 20 tahun itu dianggap membantu pertahanan dan rapor penampilannya di uji coba malam itu dianggap cukup baik. Terbukti, setelah Ryuji digantikan pemain lain, Al Najma kebobolan.

Selepas Ryuji keluar, Ali memasukkan enam pemain pengganti. Uji coba kontra Malkiya ini berakhir dengan skor 0-1 untuk keunggulan lawan. Meski begitu, tim pelatih Al Najma optimistis skuatnya bisa tampil apik di kompetisi. Rudy mengakui kerangka tim sudah mulai terbentuk, meski tim pelatih masih butuh pemain di posisi striker dan sayap.

Al Najma akan kembali menggelar uji coba pada Senin (24/8/2015). Pada saat itu diharapkan performa Ryuji makin matang dan nyetel dengan rekan setimnya yang lebih dulu bergabung.

"Saya yakin Ryuji bisa cepat beradaptasi dengan cuaca, teman baru, gaya permainan, bahasa di Bahrain dan Al Najma karena ia masih muda dan memiliki kualitas," ungkap Rudy.

Ryuji berujar akan berusaha semaksimal mungkin memenuhi harapan itu. "Sejauh ini saya enjoy kok di sini. Terus doakan agar saya sukses di sini," ucapnya kepada Bola.com.

Baca Juga :

"Keberadaan Ryuji Utomo di Al Najma Bukan karena Nepotisme"

Ini Masukan Gavin Kwan Adsit buat Evan dan Ryuji

Wawancara Ryuji Utomo Prabowo: Terkejut Diajak Main di Bahrain

Video Populer

Foto Populer