Sukses


PSM Juara Grup, Pusamania Borneo Runner-up Grup D

Bola.com, Makassar - Laga terakhir penyisihan Grup D Piala Presiden 2015, antara Pusamania Borneo FC kontra PSM Makassar berakhir imbang tanpa gol, di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Selasa (8/9/2015). Hasil ini membuat Juku Eja menjadi juara Grup D sedangkan, PBFC akan menemani Juku Eja ke perempat final sebagai runner-up grup.

Sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, kedua kesebelasan menerapkan permainan terbuka. Namun, PSM yang mampu mengambil inisiatif penyerangan terlebih dahulu melalui skema penguasaan bola yang lebih dominan. Sementara, PBFC lebih bersabar untuk melakukan serangan ke jantung pertahanan Juku Eja.

Meski begitu, PBFC yang terlebih dahulu mendapatkan peluang emas melalui striker tunggalnya, Jajang Mulyana pada menit kedua. Sayang, tendangan mantan penyerang Pelita Jaya Karawang tersebut masih melambung di atas mistar gawang PSM yang di kawal oleh Dimas Galih Pratama.

Pada menit ke-16, Juku Eja mendapatkan kembali peluang emas untuk membobol gawang PBFC melalui Hendra Wijaya, setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Pesut Etam. Namun, tendangan pemain berumur 23 tahun itu masih bisa diselamatkan Juni Irawan.

Selanjutnya, PBFC mulai keluar dari tekanan. Pada menit ke-27, gelandang Pesut Etam, Fandi Ahmad hampir membobol gawang Juku Eja. Tapi, tendangan pemain yang dikenal agresif tersebut masih bisa diantisipasi oleh Dimas Galih.

Anak asuh Iwan Setiawan kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol pada menit ke-36, melalui Arpani. Sayang, tendangan pemain yang berposisi penyerang sayap itu masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Dimas Galih. Sehingga, skor kacamata menutup jalannya laga babak pertama.

Di babak kedua, PSM masih memegang kendali jalannya pertandingan. Beberapa kali, anak-anak asuhan Assegaf Razak melakukan serangan ke jantung pertahanan PBFC. Akan tetapi, kedisiplinan Rachmat Latif dkk. belum bisa ditembus pasukan Juku Eja.

Pada menit ke-61, Ferdinand Sinaga mencoba peruntungan untuk menciptakan gol ke gawang PBFC melalui tendangan spekulasi yang keras dari luar kotak penalti. Sayang, upaya mantan pemain PSMS Medan tersebut masih bisa diamankan Juni Irawan.

Memasuki menit ke-70, PSM menerapkan permainan dengan tempo yang cepat melalui sisi kanan dan kiri lapangan, untuk membongkar pertahanan Pesut Etam yang dikomandoi Rachmat Latif. Namun, disiplinnya pertahanan PBFC membuat Juku Eja.

Hal tersebut membuat Ferdinand Sinaga dkk terlihat kehilangan akal untuk menciptakan gol ke gawang lawan. Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor kacamata menutup laga PSM kontra PBFC.

Hasil ini membuat PSM melaju ke perempat final Piala Presiden sebagai juara Grup D. Sementara, Pesut Etam akan menemani Juku Eja ke perempat final usai memastikan posisi runner-up.

Susunan Pemain:

Pusamania Borneo FC (4-3-2-1): Muhammad Juni Irawan; Diego Michels (Lopicic 62), Rachmat Latif, Djayusman Triasdi, Victor Pae; Achmad Hisyam, Fandi Ahmad (Gazali 67), Hermansyah Muchlis; Arfani, Boaz Solossa; Jajang Mulyana (Febri Hamzah 90).

PSM Makassar (4-3-3): Dimas Galih Pratama; Hendra Wijaya, Agung Prasetyo, Kurniawan Karman (Iqbal Samad 45), Satrio Syam; Ardan Aras, Rasyid Assahid Bakri, Syamsul Bachri Chaeruddin; Aditya Putra Dewa (Maldini Pali 69), Ferdinand Sinaga, Muchlis Hadi Ning (M.Rahmat 78).

Baca Juga :

PBR Menutup Turnamen Piala Presiden dengan Kemenangan

Bali United dan Mitra Kukar ke 8 Besar, Ini Klasemen Akhir Grup C

Selamat Tinggal, Persija Tersingkir dari Piala Presiden 2015

Video Populer

Foto Populer