Sukses


Statistik Persib Bandung di Fase Grup Piala Presiden

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung lolos ke babak perempat final Piala Presiden 2015 sebagai juara grup A. Catatan Maung Bandung sungguh mengesankan. Tiga kali meraih kemenangan, mencetak 10 gol, dan selalu mampu menjaga gawangnya tetap perawan di 3 pertandingan yang dilalui.

Rekor sempurna Persib ini jelas membuat para bobotoh bangga sekaligus memupuk asa untuk meraih gelar juara Piala Presiden. Berikut rapor statistik Persib secara keseluruhan di babak penyisihan dengan data yang dihimpun oleh Labbola.

Statistik serangan
Persib meraih dua kali kemenangan dengan skor 4-0 atas Persiba Balikpapan dan Martapura FC. Kemudian satu lagi kemenangan 2-0 atas Persebaya United. Dari 10 gol itu, nama Zulham Zamrun menjadi yang paling banyak mencetak gol dengan torehan lima golnya. Dia bahkan mencetak hattrick saat pertandingan terakhir melawan Martapura.

Rata-rata 3,3 gol per pertandingan itu dihasilkan dari 41 percobaan tembakan dengan 17 di antaranya tepat sasaran. Ilija Spasojevic dan Zulham Zamrun paling banyak melepaskan tembakan, yakni 8 kali. Zulham merupakan pemain dengan tendangan ke gawang terbanyak, 7 kali. Akurasi tendangannya 88% merupakan yang tertinggi di tim (untuk jumlah tendangan >3).

Untuk umpan yang berbuah gol, ada 8. Firman Utina jadi pemain yang paling banyak memberikan assist, yakni sebanyak 2 kali. Dia juga memimpin lini tengah yang mampu tampil dominan setiap pertandingan dengan rata-rata penguasaan bola 55%.

Akurasi umpan
Dominasi Persib nampak dalam jumlah umpan yang mereka lepaskan. Tiga pertandingan, anak asuh Djajang Nurjaman melepaskan 1519 operan dengan 1294 di antaranya sukses. Itu berarti rata-rata 506,3 umpan per pertandingan dengan tingkat akurasi 85%.

Hariono dan Vladimir Vujovic menjadi pemain yang paling banyak memberikan umpan, 147 operan. Hariono tercatat sebagai pemain yang paling banyak menghasilkan umpan sukses, 135 kali operannya sukses sampai ke rekan setimnya. Akurasi umpannya mencapai 92% (untuk pemain dengan penampilan >1).

Untuk umpan silang, nama Firman Utina kembali muncul sebagai pemain yang paling banyak melepaskan umpan silang, yaitu sebanyak 12 kali. Secara keseluruhan Maung Bandung memproduksi 63 umpan silang dan 25 di antaranya merupakan umpan silang sukses. Firman juga yang paling banyak menghasilkan umpan silang sukses, yakni 6 kali.

Sedangkan nama Zulham Zamrun jadi yang paling banyak melakukan dribel. Dia melakukan 5 kali dribel. Jumlah yang sama dengan Tantan. Tapi, Tantan lebih baik karena 4 kali dribelnya sukses. Secara tim, Persib melakukan 24 kali dribel dengan 12 di antaranya sukses. Itu berarti persentase dribel suksesnya 50%.

Statistik bertahan
Untuk statistik bertahan, Persib juga mengesankan. Mereka membuat 99 tekel dengan 46-nya tekel sukses. Hariono jadi yang paling banyak melakukan percobaan tekel, 12 kali. Sementara yang paling banyak membuat tekel sukses adalah Tony Sucipto, sebanyak 7 kali.

Vladimir Vujovic jadi bek paling tangguh Maung Bandung. Dia melakukan 3 kali blok tembakan lawan, 13 kali memotong bola, serta 14 kali sapuan. Sebagai tim, Persib melakukan 5 kali blok tendangan, 69 kali memotong bola, serta 44 kali sapuan.

Di sektor penjaga gawang, I Made Wirawan tiga kali melakukan penyelamatan. Persib total membuat 5 kali penyelamatan. Selain Made, kiper yang melakukan penyelamatan adalah M. Natshir.

Catatan lain
Catatan lain dari tim ini adalah mereka kehilangan bola 88 kali. Atep dan Zulham jadi yang paling sering kehilangan bola, 14 kali.

Firman Utina dan kawan-kawan total membuat 41 pelanggaran. Ilija Spasojevic dan Jajang Sukmara paling banyak melakukan pelanggaran, masing-masing enam kali. Kemudian mereka dilanggar lawan sebanyak 32 kali serta 10 kali terkena jebakan offside lawan. Zulham paling sering dilanggar lawan dan terjebak offside. Zulham tercatat 7 kali dilanggar dan terjebak offside sebanyak 3 kali (sama dengan Tantan).

Catatan impresif Persib di babak penyisihan membuat mereka layak disebut sebagai kandidat kuat juara. Tapi, badai cedera yang menghantam bisa menjadi petaka untuk Djajang Nurjaman dalam menyiapkan timnya. Kebugaran adalah faktor penting dalam kompetisi dengan sistem turnamen. Patut ditunggu, sejauh mana juara Indonesia Super League 2014 ini akan melangkah di Piala Presiden 2015.

Baca juga :

Persib Latihan Ringan di Alun-alun Kota Bandung

Warga Asyik Selfie dengan Punggawa Persib

Tak Pernah Kalah, Dua Jempol untuk Persib Bandung!

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer