Sukses


5 Alasan Persib Bandung Layak Juara Piala Presiden

Bola.com, Bandung - Persib Bandung menjadi satu-satunya klub yang berhasil menyapu bersih kemenangan di babak penyisihan Piala Presiden 2015. Berkat hasil tersebut Maung Bandung keluar sebagai grup A.

Tak sampai di situ, Persib juga belum pernah kemasukan dari tiga pertandingan yang telah dijalaninya. Catatan pada fase penyisihan itupun disempurnakan dengan torehan 10 gol.

Melihat penampilan ciamik dari skuat Djajang Nurjaman tersebut wajar bila, Persib diunggulkan menjadi juara di turnamen garapan Mahaka Sports and Entertainment tersebut.

Berikut analisis dari Bola.com mengapa Persib layak diunggulkan juara Piala Presiden:

Ribuan pendukung Persib, Viking merayakan kemenangan Persib atas Martapura F.C pada laga Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Kamis (10/9/2015). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

1. Pelatih

Djajang Nurdjaman menjadi sosok penting yang mengantarkan Persib ke perempat final Piala Presiden. Pria asal Jawa Barat yang dikenal tak terlalu banyak bicara ini pandai dalam membaca skema yang digunakan klub lawan.

Sehingga ia bisa mempersiapkan formasi yang tepat untuk meredam serangan-serangan yang dilakukan lawan. Ia mengubah gaya permainan klub asal Bandung tersebut menjadi lebih agresif dalam melancarkan serangan dari semua lini.

Padahal, sebelumnya Persib lebih banyak mengadalkan serangan-serangan dari sayap. Terbukti dengan formasi yang diterapkannya Maung Bandung berhasil menjadi juara kompetisi ISL musim 2015.

Perjalanan Persib di babak penyisihan Piala Presiden terbilang mulus. Meskipun Firman Utina dkk. baru kembali berlatih bersama beberapa pekan jelang bermain di turnamen garapan Mahaka Sports and Entertaiment. Itu semua tentu hasil kerja keras dari Djanur.

2. Skema Permainan

Persib memang mempunyai pakem formasi 4-2-3-1 dengan mendalkan satu orang penyerang di lini depan. Tetapi lini tengah tim asal kota Bandung tersebut selalu berperan besar ketika diserang maupun bertahan.

Tak ayal formasi itu terkadang bisa berubah menjadi 4-4-2 atau juga 4-4-1-1. Semua itu tergantung dengan kebutuhan yang ada untuk tim, karena Persib suka mengatur tempo serangan dan sepak bola yang indah.

Pada babak penyisihan Persib mencetak 10 gol gol. Jadi jika dirata-rata dalam setiap pertandingan Maung Bandung menghasilkan 3,3 gol. Mereka juga mecetak 41 percobaan tembakan dengan 17 di antaranya tepat sasaran.

3. Dukungan Bobotoh

Tidak ada yang meragukan dukungan dan kecintaan bobotoh untuk Persib. Bahkan berdasarkan catatan pihak penyelenggara turnamen, Mahaka Sports and Entertainment menyebutkan Persib Bandung paling banyak ditonton masyarakat.

Hal tersebutlah yang membuat Persib menjadi tim yang kuat. Sebab dukungan dari para suporter membakar semangat juang mereka untuk menampilkan permain terbaik.

Suporter juga dikenal sebagai pemain ke-12 di tim. Sebab tanpa adanya teriakan-teriakan suporter tentunya para pemain bermain kurang bersemangat.

4. Skuat yang Kuat

Persib Bandung diisi dengan para pemain yang berkualitas bagus seperti Firman Utina, Muhammad Ridwan, dan Tantan. Sehingga kemampuan mereka tak perlu diragukan kembali karena sudah teruji, saat Persib meraih gelar juara di kompetisi ISL musim 2015.

Sedangkan di lini belakang ada penjaga gawang I Made Wirawan yang berdiri kokoh untuk menjaga gawangnya. Ia pun di babak penyisihan belum pernah mengalami kebobolan.

5. Zulham Zamrun

Pemain kelahiran Ternate tersebut diprediksi akan menjadi andalan Persib Bandung. Pasalnya, mantan pemain Mitra Kukar tersebut memiliki teknik dan kemampuan di atas rata-rata yang bisa diandalkan Maung Bandung untuk membongkar pertahanan lawan.

Pemain sayap berumur 27 tahun tersebut memiliki kecepatan, akurasi tendangan, serta umpan terukur yang bisa memanjakan striker Maung Bandung untuk menciptakan gol. Ia pun untuk sementara ini menjadi pencetak gol terbanyak dengan raihan lima gol.

Catatan itu membuat ketajaman Zulham tidak perlu diragukan lagi.

Baca Juga:

Statistik Sriwijaya FC di Fase Grup Piala Presiden

Kisah Supangat, MC Pertandingan Saksi Sejarah Persebaya

Persib Bandung Siapkan Strategi Khusus untuk Redam PBFC

Video Populer

Foto Populer