Sukses


Statistik Choirul Huda: Kiper Terbaik Fase Grup Piala Presiden

Bola.com, Jakarta - Di Piala Presiden ini, Persela Lamongan tergabung satu grup dengan Sriwijaya FC, PSGC Ciamis, dan Arema Cronus. Setelah dua kali bermain imbang 1-1 melawan Arema dan PSGC, Persela takluk 0-2 dari Sriwijaya FC di laga terakhir. Dengan hanya dua poin, langkah peserta babak 8 besar ISL 2014 ini di Piala Presiden harus berakhir.

Namun, statistik Choirul Huda sebagai penjaga gawang bisa jadi satu-satunya hal yang dibanggakan fans Persela. Kiper berusia 36 tahun itu total melakukan penyelamatan sebanyak 21 kali (rata-rata 7 penyelamatan tiap perbandingan), terbanyak di antara kiper lain di turnamen Piala Presiden. Angka tersebut cukup jauh dibandingkan dengan penyelamatan terbanyak kedua oleh kiper PSGC Ciamis, Irpan, dengan total 14 kali.

Momen terbaik Huda adalah saat ia harus menahan gempuran tuan rumah Arema Cronus. Berkali-kali tendangan Cristian Gonzales dan Juan Revi berhasil diblok Huda. Hanya, kelengahan pertahanan yang akhirnya terpaksa membuat Persela kebobolan pada menit terakhir melalui sundulan Lancine Kone.

Huda kebobolan empat kali dari tiga pertandingan, tetapi dua gol berasal dari penalti dan dua gol lainnya lebih dikarenakan buruknya pertahanan Persela. Kiper yang sempat dipanggil untuk seleksi tim nasional Indonesia ini juga mencatat 13 kali intersepsi operan lawan, terbanyak dibanding kiper-kiper lain seperti Yandri Pitoy (4), Galih Sudaryono (4), atau Irpan (11).

Kemampuan Huda dalam mengatur barisan pertahanan cukup menyelamatkan Persela untuk tak kebobolan lebih banyak di Piala Presiden. Huda, yang asli Lamongan, selain sebagai kiper juga berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil di kota tersebut. Huda merupakan contoh pemain yang setia, sejak tahun 1999 sudah membela Persela tanpa sekalipun pernah berganti kostum.

Total ia sudah melakukan 454 kali penampilan untuk Persela. Dengan performa yang apik, kiper berusia36 tahun itu sempat dipanggil ke tim nasional. Dengan performanya itu dan loyalitasnya, tak salah bila Choirul Huda tetap akan jadi pilihan utama sekaligus kapten Persela di kompetisi yang akan datang.

Baca Juga :

Statistik: Rapor PSM di Babak Penyisihan Piala Presiden 2015

Statistik Persib Bandung di Fase Grup Piala Presiden

Statistik Sriwijaya FC di Fase Grup Piala Presiden

Video Populer

Foto Populer