Sukses


Persebaya vs Sriwijaya: Tensi Tinggi di Gelora Bung Tomo

Bola.com, Surabaya - Persebaya United menjamu Sriwijaya FC pada leg pertama babak 8 besar Piala Presiden 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (2/9/2015). Pertemuan kedua tim ini akan berlangsung sengit karena Persebaya dan Sriwijaya memiliki kualitas tim yang merata di semua lini.

Menghadapi SFC, tim Bajul Ijo tidak akan diperkuat bek andalan di jantung pertahanan, Munhar yang dibekap cedera otot pangkal paha. Mantan pemain Arema Cronus itu mengalami cedera saat Persebaya menjalani gim internal, Kamis (17/9/2015) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, lalu. Pada latihan terakhir, Jumat (18/9/2015) sore, Munhar harus berlatih terpisah dengan rekan-rekannya.

Sesuai anjuran dokter tim, Munhar harus istirahat minimal empat atau lima hari. Ia diperkirakan baru bisa tampil saat Persebaya dijamu Sriwijaya FC, 27 September.

Kehilangan Munhar, pelatih Persebaya, Ibnu Grahan masih memiliki tiga pemain lain yang bisa menggantikan tugasnya. Ada Firly Apriansyah, serta dua stoper muda Sahrul Kurniawan, Dan Nurmufid Fastabiqul Khoirot.

Namun jika melihat perkembangan di dua latihan terakhir, tampaknya Ibnu Grahan bakal memberikan kepercayaan kepada Fasta atau Sahrul untuk berduet dengan Otavio Dutra. Maklum, setelah dibekap cedera hampir sebulan, performa Firly belum mencapai puncak.

Menurunkan Firly akan sangat beresiko karena Sriwijaya FC memiliki empat pemain depan yang mempunyai kecepatan di atas rata-rata. Di sana ada Patrich Wanggai, Titus Bonai, Taolahu Abdul Musafri, dan Yohanis Nabar.

"Saya sendiri belum menentukan siapa di antara ketiga pemain tersebut yang akan bertandem dengan Otavio Dutra di belakang. Saya akan melihat kondisi mereka hingga menjelang laga," tuturnya.

Aksi pemain Persebaya United, Evan Dimas Darmono, dalam lanjutan Piala Presiden 2015 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Kamis (10/9/2015). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Di luar masalah di sektor belakang, para pemain Persebaya dalam kondisi siap tempur. Termasuk bomber impor, Pedro Javier yang akan kembali diandalkan di lini depan. Striker yang mencetak empat gol ke gawang Persiba Balikpapan akan disokong oleh pemain sayap lincah, Ilham Udin Armaiyn dan Siswanto.

Motivasi tuan rumah untuk memenangi pertandingan bakal semakin besar karena CEO Gede Widiade menjanjikan bonus tambahan jika Evan Dimas cs. meraih kemenangan telak atas Persebaya. Di fase grup lalu, para pemain Persebaya masing-masing mendapatkan 100 dolar AS usai memastikan lolos ke perempatfinal.

Sementara itu, Sriwijaya melakoni laga tandang ke markas Persebaya tanpa kehadiran dua pemain pilar di lini tengah yakni Yu Hyun koo dan Asri Akbar. Hyun koo yang dipinjam dari Semen Padang terkena sanksi akumulasi kartu sedangkan Asri baru pulih dari cedera.

Kondisi ini jelas tidak menguntungkan bagi pelatih Benny Dollo. Pasalnya, sepanjang fase grup lalu peran Hyun koo dan Asri Akbar terbilang vital. Absennya Asri dan Hyun koo membuat kans SFC memenangi pertarungan di lini tengah melawan Persebaya yang mengandalkan tenaga pemain muda macam Evan Dimas dan Zulfiandi akan sangat sulit.

Menghadapi lawan sekelas Persebaya, Bendol pun sadar pertandingan ini tidak akan mudah bagi para pemainnya. Meski begitu, mantan pelatih Persija Jakarta ini tetap berharap bisa membawa pulang hasil positif dari lawatan kali ini.

“Semua partai sama dan persiapannya pun tidak ada beda. Namun memang, jika mampu meraih hasil positif atau minimal tidak kehilangan poin maka tugas kami di Palembang akan sedikit lebih ringan,” ia menuturkan.

Baca juga :

Tempel Selebaran, Panpel Persebaya United Ajak Bonek Penuhi GBT

Latihan Gim, Persebaya Soroti Produktivitas Pedro Javier

Persebaya Kesulitan Cari Lawan Uji Coba

Video Populer

Foto Populer