Sukses


Statistik: 4 Kiper Tim Semifinalis Piala Presiden. Siapa Terbaik?

Bola.com, Jakarta- Piala Presiden telah memasuki semifinal. Sriwijaya FC menantang Arema Cronus, sedangkan Mitra Kukar bertemu Persib Bandung. Semuanya tentu ingin menang dan melenggang ke final. Tapi, mereka butuh tim yang kuat dan sedikit keberuntungan.

Tentu saja, faktor pertahanan tak kalah penting dibanding lini depan. Tim harus memiliki penjaga gawang yang hebat. Berikut ini performa empat kiper tim semifinalis berdasarkan data yang dihimpun oleh Labbola.

Dian Agus Prasetyo

Dian Agus Prasetyo selama Piala Presiden ini sudah tampil empat kali. Satu laga lagi, Yogi Triana yang jadi penjaga gawang Sriwijaya FC. Selama 360 menit di lapangan, mantan penjaga gawang Barito Putera ini kebobolan empat kali dan dua kali laga mampu menjaga gawangnya tak kemasukan.

DAP mampu 13 kali melakukan penyelamatan dengan persentase sukses penyelamatan 76%. Selain itu, DAP mampu mencatatkan 7 kali memotong bola, 2 kali sapuan. Juga melakukan 75 operan dengan akurasi umpannya 57%.

Menarik menunggu apakah dia akan kembali jadi pilihan utama. Jika nantinya bermain, DAP perlu waspada karena Arema punya bomber haus gol, Cristian Gonzales yang baru saja mencetak hattrick ke gawang Bali United dan ada nama Lancine Kone serta Samsul Arif.

I Made Kadek Wardana

Joko Susilo lebih memilih I Made Kadek Wardana untuk menjaga gawang Arema di Piala Presiden. Selama lima kali bertanding, Kadek Wardana tampil selama 444 menit. Dalam rentang waktu itu dia kebobolan 5 gol dan pernah sekali mencatatkan clean sheet ketika dirinya diganti Kurnia Meiga saat Arema bersua PSGC.

Menjadi pilihan utama tentu karena performanya cukup menjanjikan keamanan. Dia 9 kali mealkukan penyelamatan dengan tingkat sukses penyelamatan 53%. Lalu melakukan 6 kali memotong bola dan melepaskan 86 umpan dengan tingkat akurasi operan 81%.

Untuk catatan penyelamatan, dia kalah dibandingkan Dian Agus Prasetyo yang akan mengawal gawang sang lawan. Tapi, untuk urusan distribusi umpan, Kadek jauh lebih bagus.

I Made Wirawan

Tampil empat kali dan kebobolan empat kali, serta mencatatkan dua kali clean sheet, jelas membuatnya tetap jadi pilihan utama di kubu Maung Bandung. Selama 360 menit di lapangan Made Wirawan melakukan 6 kali penyelamatan dengan tingkat kesuksesan 60%.

Selain itu Made juga mencatakan 6 kali intersepsi dan 2 kali sapuan. Juga 57 umpan yang akurasinya 72%. Kinerjanya amat terbantu berkat kokohnya lini belakang yang digalang oleh Vladimir Vujovic dan Achmad Jufriyanto.

Dia akan bekerja lebih keras ketika melawan Mitra Kukar karena dua menara di depannya itu dipastikan absen. Juga dengan Hariono yang terbiasa menjadi gelandang bertahan. Perannya lebih vital di laga semifinal nanti.

Rivky Mokodompit

Kebobolan dua gol di Andi Matalatta, Makassar, membuat secara keseluruhan dia kebobolan 4 gol dari 5 pertandingan. Mantan penjaga gawang Sriwijaya FC ini juga mencatatkan 2 kali tak kebobolan.

Selama 450 menit di lapangan, Rivky Mokodompit ini melakukan 11 kali penyelamatan dengan tingkat sukses 69%. Dia juga melakukan 15 kali memotong bola dan 5 sapuan. Keberaniaannya untuk keluar dari sarangnya demi mengamankan areanya seringkali mampu menghentikan peluang lawan. Tapi, tanpa perhitungan yang tepat itu bisa jadi blunder.

Rivky juga mencatat 110 umpan dengan akurasi operan 55%. Dia akan berjuang habis-habisan membendung serangan Persib. Meski tanpa Ilija Spasojevic dan Zulham Zamrun, Maung Bandung tetap menakutkan.

Baca Juga: 

Statistik: Data Ini Membuktikan Arema Cronus Unggul Pengalaman

Statistik: Menguasai Permainan, Persib Layak Lolos ke Semifinal

Statistik Choirul Huda: Kiper Terbaik Fase Grup Piala Presiden

Video Populer

Foto Populer