Sukses


Skuat Pra PON Kalteng Berasal dari Tim Liga Nusantara

Bola.com, Palangkaraya- Tim Pra PON Kalteng mengakhiri pemusatan latihan di Yogyakarta yang berlangsung hampir sebulan. Pada Kamis (01/10/2015) siang, pelatih Suganda memboyong pasukannya ke medan laga di Banjarmasin untuk melakoni babak kualifikasi PON Jabar 2016.

Sejarah memang tak berpihak pada tim asal Bumi Isen Mulang itu di pentas olah raga empat tahunan tersebut. Empat tahun lalu, mereka juga gagal melangkah ke PON Riau 2012. Namun berbekal hasil impresif selama menjalani TC di Yogyakarta yang tak pernah kalah, Suganda optimistis anak didiknya akan mampu bersaing dengan tim Kalbar, Kaltara, bahkan tuan rumah Kalsel untuk memperebutkan satu tiket ke Jabar.

Meski persiapan Kalteng lumayan mepet, Shohikul Muslim dkk. boleh berbangga diri. Pasalnya mereka mampu bermain imbang saat uji coba melawan tim Jateng dan DIY yang juga dipersiapkan tampil kualifikasi PON yang dimainkan di Sidoarjo, Jatim, 4-13 Oktober ini.

Apa kunci optimisme Suganda?

"Meski persiapan kami sangat tidak ideal, sebenarnya ini tim lama yang sebelumnya telah bermain bersama di klub PU Putra Palangkaraya pada ajang Liga Nusantara tahun lalu. Jadi secara tim, anak-anak sudah punya ikatan kerja sama yang bagus. Ini yang membuat saya yakin anak-anak bisa bersaing di Banjarmasin 4-8 Oktober nanti," ungkap pelatih asal Malang ini.

Suganda juga yakin mental bertanding pasukannya cukup kuat untuk menghadapi faktor nonteknis yang bakal ditemui di laga nanti. Karena saat bermain imbang melawan Pra PON Jateng dan DIY, mereka dapat tekanan psikologis dari perangkat pertandingan yang tentu saja lebih menguntungkan tuan rumah.

"Jadi para pemain sudah siap luar dalam. Jika mereka tak mengumbar emosi di laga sesungguhnya nanti, saya yakin permainan kami tak kalah dengan tim-tim lainnya. Kami siap menebus kegagalan empat tahun silam," ucap Suganda yang saat itu juga jadi arsitek Kalteng.

Babak kualifikasi PON 2016 digelar mulai 4 Oktober-21 November. Sebanyak 32 tim memperebutkan 10 tiket ke Jabar. Jumlah peserta di babak utama cabang sepak bola adalah 12, dua di antaranya tak menjalani babak kualifikasi, yakni Jabar (tuan rumah) dan juara bertahan Kaltim. 

Baca Juga: 

Evan Dimas cs. Gabung Tim Pra PON Jatim Awal Oktober

Jawa Timur Batal Jadi Tuan Rumah Pra PON Zona Jawa

Terens Owang Bakal Jadi Bintang Tim Pra PON Kaltim

Video Populer

Foto Populer