Sukses


Statistik: Adu Tangguh Atep dan Titus Bonai

Bola.com, Jakarta - Partai final Piala Presiden 2015 yang mempertemukan Persib Bandung kontra Sriwijaya FC (SFC), Minggu (18/10), bakal menghadirkan duel kapten tangguh dari kedua klub. Atep di kubu Persib dan Titus Bonai di kubu Sriwijaya FC.

Kebetulan keduanya sama-sama menempati sayap kiri di formasi timnya masing-masing. Siapakah yang punya catatan penampilan lebih bagus di Piala Presiden ini?

Atep maupun Tibo sama-sama turun dalam enam pertandingan di ajang Piala Presiden. Tibo tampil dalam setiap laga yang dijalani SFC, sedangkan Atep absen satu kali saat Persib bersua Persebaya (total laga SFC lebih sedikit karena Persebaya WO di leg kedua perempat final).

Atep sejauh ini telah mengemas 1 gol dan 1 assist, sedangkan Tibo baru mengumpulkan 1 assist. Tibo belum berhasil mengakhiri puasa golnya meskipun sepanjang turnamen sering mengancam gawang lawan melalui sepakan jarak jauh.

Total 24 percobaan tembakan telah dilakukan Tibo sepanjang turnamen, yang 10 di antaranya mengarah ke gawang lawan. Sangat jauh dibandingkan dengan Atep yang baru melakukan 3 percobaan tembakan, dengan 2 di antaranya mengarah ke gawang, termasuk 1 yang berbuah menjadi gol ketika melawan Mitra Kukar di babak semifinal.

Selain lebih efektif memanfaatkan peluang, Atep, yang merupakan jebolan SSB UNI Bandung, juga lebih baik dalam hal akurasi operan. Sebanyak 82% dari total 200 operan yang dilakukan Atep berhasil sampai ke rekan-rekan satu timnya, sedangkan akurasi umpan yang dilakukan Tibo berada di angka 64% dari 252 operan yang dilepaskan.

Menempati sektor sayap, kedua pemain ini tak jarang melepaskan umpan silang ke kotak penalti lawan. Tibo tercatat mengirimkan umpan silang sebanyak 55 kali, dengan akurasi 22%. Sedangkan Atep melakukannya sebanyak 16 kali dengan akurasi 25%. Hal ini menunjukkan pemain bernomor punggung 7 ini lebih gemar melakukan pergerakan cut inside ketimbang mengirimkan umpan silang.

Absennya M. Ridwan dan (kemungkinan) Tantan akan membuat Atep menjadi tumpuan serangan Persib melalui sisi kiri. Begitu juga dengan Tibo, yang selalu diturunkan sejak awal pertandingan sepanjang turnamen. Aksi-aksi keduanya akan sering tersaji di lapangan. Siapakah yang akan mengangkat piala setelah peluit panjang dibunyikan?

Baca Juga: 

Statistik Adu Agresif, Zulham Zamrun vs T.A. Musafri

Statistik Makan Konate Vs Asri Akbar, Siapa Lebih Efektif?

Statistik Sciucatti vs Gonzales, Siapa yang Lebih Tajam?

Video Populer

Foto Populer