Sukses


Absen di Piala Presiden, Eduard Tjong Pilih Melatih Tim Akademi

Bola.com, Solo - Eduard Tjong memilih fokus melatih akademi sepak bola miliknya yaitu Solo Football Academy. Keputusan ini diambil oleh pelatih yang akrab disapa Edu setelah Persiram Raja Ampat dan Persiba Balikpapan tidak ambil bagian di turnamen Piala Jenderal Sudirman. Edu memang masih terikat kontrak dengan Persiram sedangkan Persiba merupakan tim yang ia tukangi di Piala Presiden 2015.

"Saya sebenarnya berharap Persiram ikut karena saya masih terikat kontrak sampai Desember 2015. Ternyata, manajemen tidak mendapatkan undangan. Persiba pun tidak ikut, saya lebih memutuskan untuk fokus terlebih dahulu melatih akademi yang saya dirikan saja," ujarnya kepada bola.com.

Edu mengungkapkan jumlah anak-anak yang terdaftar dalam akademinya mencapai 40 orang dengan rata-rata umur mencapai 14-15 tahun. "Saya memang prioritaskan untuk anak-anak kelahiran tahun 2000-2002 saja. Nantinya, saya akan memproyeksikan mereka ke tim-tim ISL, tapi secara khusus diproyeksikan terlebih dahulu ke Persis Solo," ungkap Edu.

Edu pun menyambut baik adanya turnamen yang berjalan ditengah terhentinya kompetisi. Menurutnya, turnamen semacam ini menjadi nafas sementara bagi pemain dan pelatih untuk mendapat pemasukan. "Semoga turnamen-turnamen seperti ini tetap ada kalau kompetisi belum jelas kapan akan diselenggarakan kembali," ia menuturkan.

Namun, Edu tetap mengingatkan bahwa kompetisi yang bergulir secara rutin tetap merupakan prioritas utama. Pasalnya, hanya lewat kompetisi pelatih, pemain, dan ofisial bisa mendapakan kontrak secara resmi. Suatu hal yang tidak bisa didapat oleh pemain maupun pelatih di setiap turnamen baik itu Piala Presiden dan nantinya Piala Jenderal Sudirman.

"PSSI dan Menpora, kami membutuhkan kompetisi. Tolong dikesampingkan dahulu ego dan jangan bertarung dengan pernyataan yang saling memprovokasi," kata Eduard Tjong.

Video Populer

Foto Populer