Sukses


Inilah Deklarasi Damai Suporter Indonesia di Samarinda

Bola.com, Samarinda - Ratusan suporter berkumpul di perkemahan Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS) dalam acara pelantikan pengurus Paguyuban Arema Samarinda, Minggu (1/11/2015) sore WITA.

Pada acara tersebut, suporter klub Indonesia yang berdomisili di Samarinda mengucapkan ikrar damai, disaksikan Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang. Seniman sekaligus sesepuh Aremania, Anto Baret juga hadir pada acara itu. Kepada bola.com, Anto mengatakan, deklarasi damai ini diharapkan bisa menjalar ke seluruh Indonesia.

"Suporter di perantauan bisa memberi contoh bisa menjadi sahabat. Tidak hanya di Kaltim, tapi di Batam, Makassar, Sumatra . Semua suporter perantauan bisa guyub, ada Aremania, Bonekmania, Jakmania, dan LA Mania. Saya berharap suatu saat nanti suporter di seluruh Indonesia damai selamanya," kata Anto.

Deklarasi damai dihadiri perwakilan suporter Aremania, Pusamania, Jakmania, Bonekmania, Barito Mania, dan LA Mania. Melalui deklarasi tersebut, suporter di Samarinda bertekad menjaga kebersamaan di Kota Tepian. Apalagi, mayoritas suporter di Samarinda adalah perantau. Mereka harus menjaga Kota Samarinda agar tetap damai dalam balutan sepak bola.

"Harus terus ditingkatkan, deklarasi tidak hanya untuk saat ini saja, tapi selamanya," tegas Anto.

Pada kesempatan itu, Wali Kota melantik pengurus Paguyuban Arema Samarinda periode 2015-2018, yang diketuai Gatot Susilo. Selain perwakilan suporter, acara itu juga dihadiri paguyuban warga perantauan seperti Surabaya dan Ikawangi Samarinda (Ikatan Keluarga Banyuwangi).

"Jadi, warga yang merantau juga banyak yang jadi suporter. Kalau dikira-kira, di Kaltim ada 20 ribu Aremania. Belum lagi suporter yang lain dan sampai saat ini suporter di perantauan tetap menjalin persaudaraan yang erat," tegas Anto.

Video Populer

Foto Populer