Sukses


RD Dikontrak Klub Kesultanan Malaysia, Johor atau Trengganu?

Bola.com, Jakarta - Rahmad Darmawan telah menandatangani kontrak dengan klub Malaysia selama dua tahun. Meski belum disebutkan secara resmi, RD memberi 'kode' ke mana dia akan berlabuh.

Salah satunya adalah, Rahmad Darmawan menyebut klub yang mengontraknya adalah milik Kesultanan Malaysia (Negara Bagian), di mana Kesultanan itu memiliki dua klub, satu berlaga di Malaysia Super League dan satunya lagi di Malaysia Premier League atau kompetisi level kedua di Malaysia.

Di Malaysia, ada dua negara bagian yang memiliki dua klub di MPL dan MSL, yakni Trenganu dan Johor. Negeri Trengganu Darul Iman memiliki wakil di MSL, Trengganu FA, yang saat ini berada di peringkat keempat. Klub di kompetisi level kedua (MPL) asal Trengganu adalah PBDKT T-Team FC. Saat ini, klub yang pernah disinggahi Patrich Wanggai itu berada di posisi ketiga klasemen sementara.

Negara bagian lain yang memiliki dua klub adalah Johor Darul Takzim. Klub Johor Darul Takzim baru saja menjuarai Piala AFC 2015. Sementara Johor Darul Takzim II yang berlaga di MPL dan berada di posisi kelima klasemen sementara. Di antara Johor dan Trengganu, nama T-Team yang paling santer dikabarkan sebagai klub tujuan RD.

"Saya tidak enak mau menyebut, karena saat ini klub yang akan memakai jasa saya masih memiliki pelatih dan sedang bertanding di Malaysia Super Cup," kata RD kepada bola.com.

Sebenarnya, masih ada lagi negara bagian yang memiliki dua wakil di pentas sepak bola Negeri Jiran, yakni Negeri Selangor atau Selangor Darul Ehsan. Selain Selangor FA yang diperkuat pemain Indonesia, Andik Vermansah, ada juga klub yang tampil di MPL. Tapi, klub itu berasal dari instansi pemerintah setempat, yakni PKNS (Perbadanan Kemajuan Negeri Selangor). Klub itu pernah diperkuat Hamka Hamzah pada musim 2014.

Rahmad menambahkan, ia tidak mempermasalahkan apabila nanti ditempatkan di klub Malaysia Premier League, atau Divisi Utama versi Malaysia. Pasalnya, meski berbeda level, kompetisi MSL dan MPL tidak jauh berbeda.

"Kualitas timnya hampir sama. Jumlah pemain asingnya pun sama, yakni empat. Jadi, tidak ada masalah bila nanti saya ditempatkan di klub MPL," tegasnya.

Bila RD menangani klub MPL, ia berharap bisa sukses seperti mantan pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago. Jacksen berhasil membawa Penang FA promosi ke Malaysia Super League.

"Tantangannya pasti berbeda. Di Malaysia, saya juga membawa nama Indonesia dan tentunya akan ada sorotan lebih banyak dari publik Indonesia," katanya.

Rahmad Darmawan akan berangkat ke Malaysia pada akhir November, setelah ia menyelesaikan administrasi di tempatnya berdinas, TNI Angkatan Laut.

Video Populer

Foto Populer