Sukses


Catatan Gol Boaz Solossa di 5 Musim ISL bersama Persipura

Bola.com, Jakarta - Boaz Solossa adalah pemain terbaik Persipura Jayapura. Dia adalah komponen paling penting Mutiara Hitam dalam meraih tiga gelar juara Indonesia Super League (ISL). Setelah Eduard Ivak Dalam pensiun, ban kapten melingkar di lengan kirinya. Semakin lengkap peran Boaz.

Berikut ini sajian statistik pria yang akrab disapa Bochi tersebut di gelaran ISL sejak 2008 hingga 2015.

28
Jumlah gol yang dicetak Boaz Solossa pada musim 2008/2009 (ISL musim perdana). Ini merupakan jumlah gol terbanyak Boaz dalam satu musim ISL. Edisi 2013, Boaz mencetak 25 gol, jumlah yang paling mendekati pencapaiannya pada ISL edisi pertama. Sedangkan jumlah terkecilnya adalah musim 2011/2012 ketika dia hanya mengoleksi 7 gol saja. Saat ISL 2015 baru menjalani dua pertandingan sebelum dihentikan, Boaz sempat mengoleksi 1 gol.

3
Boaz tiga kali meraih gelar top scorer. Itu terjadi pada musim 2008/2009 dengan 28 gol (bersama Cristian Gonzales), 2010/2011 dengan 22 gol, dan 2013 dengan 25 gol. Uniknya, setiap Boaz menjadi top skor, Persipura bisa selalu menjadi juara ISL pada musim tersebut.

5
Boaz pernah mencetak hattrick sebanyak 5 kali sepanjang gelaran ISL. Itu terjadi ketika Persipura mengalahkan Persija 6-0 pada 9 Oktober 2008, Persitara 3-3 Persipura pada 20 Mei 2009, Persela 1-3 Persipura pada 9 Februari 2010, Persipura 6-1 Arema pada 7 Maret 2011, serta Persiba Bantul 2-5 Persipura pada 2 Mei 2014.

21
Jumlah pertandingan di mana adik Ortizan Solossa ini mampu mencetak 2 gol dalam 1 pertandingan.

66
Jumlah gol yang dicetak Boaz Solossa saat bermain sebagai tim tuan rumah.

45
Jumlah gol yang dicetak Boaz Solossa saat berlaga di kandang lawan.

63
Boaz begitu perkasa ketika berlaga di Stadion Mandala, Jayapura. Total dia mencetak 63 gol sepanjang berlaga di hadapan pendukungnya sendiri selama kompetisi ISL.

9
Jumlah gol yang dicetak Boaz di stadion Surajaya, Lamongan, tempat terbanyak dia mencetak gol di luar Stadion Mandala. Dua tempat favorit Boaz mencetak gol lainnya adalah stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, dan stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, di mana Boaz masing-masing mencetak 5 gol di kedua stadion tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Catatan Gol Boaz Solossa di 5 Musim ISL bersama Persipura

9
Persela dan Persija menjadi dua tim yang paling sering dibobol oleh Boaz. Masing-masing dibobol sebanyak 9 kali. Catatan yang mendekati adalah ke gawang Arema, PSPS, dan Bontang FC di mana Boaz masing-masing mencetak 7 gol.

6
Jumlah gol yang dicetak Boaz ke gawang yang dijaga Achmad Kurniawan (3 saat menjaga gawang Arema dan 3 lagi saat berlaga untuk Persik Kediri). AK bersama Hendro Kartiko (saat menjaga gawang Persija) jadi kiper yang paling sering dibobol oleh Boaz dengan masing-masing 6 gol.

26
Jumlah gol yang dicetak oleh Boaz Solossa pada interval kedua babak kedua atau rentang waktu menit 61 hingga 75. Itulah interval terbaik bagi Boaz untuk mencetak gol. Sedangkan, interval terburuknya pada interval ketiga babak pertama atau menit 31 hingga 45 di mana Boaz “hanya” mampu mencetak 13 gol saja.

Setelah sempat membela Pusamania Borneo FC di ajang Piala Presiden, kini Boaz akan kembali mengenakan seragam Persipura di Piala Jenderal Sudirman. Mampukah Boaz kembali menunjukkan kualitasnya sebagai striker andalan Tim Mutiara Hitam?

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer