Sukses


APPI Puji Setinggi Langit 6 Klub yang Ikat Pemain dengan Kontrak

Bola.com, Jakarta - Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) menyambut baik langkah sejumlah peserta turnamen Piala Jenderal Sudirman yang sudah mengikat kontrak para pemainnya. Hal tersebut dikatakan langsung oleh General Manajer, APPI Valentino Simanjuntak.

Menurut Valentino Simanjuntak dengan adanya kontrak, berarti sebuah klub sudah menerapkan standarisasi yang jelas terhadap pemainnya. Sebab, di beberapa turnamen sebelumnya belum ada ikatan kerja sama antara pemain dan klub tidak menggunakan kontrak resmi. Pujian setinggi langit diapungkan organisasi yang dikenal getol memperjuangkan hak-hak pesepak bola Indonesia tersebut.

Valentino menyebutkan sistem kontrak ini bertujuan untuk memproteksi para pemain. Sehingga pemain mempunyai pegangan hukum ketika dirinya membela sebuah klub di turnamen.

"Kami mendapatkan kabar ada sebagian klub di turnamen Piala Jenderal Sudirman yang telah menerapkan kontrak untuk pemainnya. Jadi bila ada kontrak ini pemain dapat menuntut jika klub tidak menjalankan sesuia dengan kontrak yang ada," kata Valen ketika dihubungi bola.com, Rabu (11/11/2015).

"Ada enam klub yang telah menerapkan sistem kontrak. Mereka antara lain: Persipura Jayapura, Mitra Kukar, Persela Lamongan, Semen Padang, Persija Jakarta, dan Gresik United. Semoga klub yang lainnya dapat mengikuti dengan memberikan kontrak ke pemain," ia menambahkan.

Lebih lanjut Valentino pun menjelaskan, pemberlakuan sistem kontrak ini merupakan hasil dari surat yang diberikan APPI ke operator Piala Jenderal Sudirman, Mahaka Sports and Entertainment. Dalam surat itu asosiasi pemain yang kini telah diakui PSSI meminta Mahaka menerapkan standar kontrak yang jelas terhadap pemain klub.

"Kami sampaikan himbauan ini ke Mahaka sebelum turnamen berjalan, dan mereka menyampaikan permintaan kami ke klub-klub. Para klub juga merespons ini secara baik," ucap Valen.

Di sisi lain Valentino Simanjuntak berharap para pemain yang belum mendapatkan kontrak agar menanyakan hal ini kepada klubnya. "Kami berkeinginan semua pemain dapat kontrak. Jadi bila belum ada pemain tak dapat kontrak coba tanya ke klub mereka," ujar General Manager APPI yang juga jadi presenter olahraga tersebut.

Video Populer

Foto Populer