Sukses


Bonekmania dan Bonek 1927 Bersatu, Ini Komentar Viking

Bola.com, Bandung - Kelompok suporter fanatik Persib Bandung, Viking Persib Club (VPC) menyambut gembira bersatunya suporter Persebaya ISL, Bonekmania dengan suporter Persebaya 1927, Bonek 1927.

"Saya selaku pendiri Viking dan Viking merupakan teman baik Bonek sangat menyambut baik bersatunya Bonekmania dan Bonek 1927," ungkap Yana Umar, Dirigen Viking.

Yana menambahkan, saat terjadi dualisme Persebaya, Viking tidak memihak dua Bonek karena merasa jadi saudara. "Dari dulu Viking tidak memilih Bonekmania atau Bonek 1927. Keduanya adalah saudara bagi Viking. Jadi, sekarang mereka sudah bersatu jelas Viking bahagia, karena keduanya saudara. Dari awal permasalahan yang menimpa Persebaya, Viking tidak mau ikut campur," lanjut Yana Umar.

Menurut Yana, persatuan yang terjadi antara Bonekmania dan Bonek 1927 merupakan awal kebangkitan Persebaya Surabaya. Diharapkan, bersatunya kedua kubu suporter dapat memberikan semangat agar Persebaya Surabaya kembali bersatu, tidak ada Surabaya United dan Persebaya 1927. 

"Ini semangat baru bagi Persebaya mengulang kejayaan," tegas Yana.

Dualisme Persebaya yang terjadi sejak 1999-2010 telah membuat klub kebanggaan kota Pahlawan tersebut menjadi dua. Ada Bonekmania yang mendukung Persebaya ISL dan ada Bonek 1927 sebagai suporter Persebaya 1927.

Tensi permusuhan tersebut mulai mereda, setelah kedua suporter sama-sama dikecewakan atas keputusan dua manajemen masing-masing klub. Bonek 1927 merasa tidak dihargai atas keputusan Direktur Utama PT Persebaya Indonesia, Cholid Ghoromah, yang meminta Bonek 1927 tak mencampuri urusan manajemen. Sebelumnya, Bonek 1927 menuntut manajemen PT Persebaya Indonesia segera menyelesaikan tunggakan gaji pemain, pelatih, dan ofisial tim pada 2013.

Sementara, Bonekmania pendukung Persebaya ISL merasa kecewa atas PT Mitra Muda Inti Berlian (PT MMIB) yang mengganti nama Persebaya menjadi Surabaya United di Piala Jenderal Sudirman. Akhirnya, kedua suporter tersebut berikrar untuk bersatu hanya mendukung satu Persebaya bernama Persebaya Surabaya, bukan Surabaya United atau Persebaya 1927. 

Para petinggi Bonek 1927, seperti Andie Peci, Joner, dan Hasan Tiro, serta petinggi Bonekmania yaitu, Hamin Gimbal, Devara Noumanto, dan Octo Tyzon menghadiri HUT Yayasan Suporter Surabaya ke-21, di markas besar Bonekmania pendukung Persebaya ISL, Minggu (8/11/2015).

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer