Sukses


Cetak 2 Gol, Kiko Insa Belum Bisa Disamakan dengan Fabiano

Bola.com, Malang - Kiko Insa sudah mencetak dua gol di dua pertandingan Arema Cronus. Tapi, ia masih perlu beradaptasi lagi dengan tim Singo Edan.Melihat papan skor dalam dua laga Arema Cronus di Grup A Piala Jenderal Sudirman (PJS), nama bek Kiko Insa selalu tercantum.

Sebuah prestasi yang luar biasa untuk ukuran pemain belakang. Tetapi di balik itu, pelatih Arema, Joko Susilo, punya penilaian lain. Joko melihat bek 29 tahun asal Spanyol itu masih butuh adaptasi dengan rekan-rekan barunya lantaran Insa masih sering salah koordinasi baik dengan kiper maupun rekannya di lini belakang dan tengah.

"Insa berpasangan dengan pemain yang berbeda di dua pertandingan Arema. Pertama dengan Purwaka, kemudian berganti dengan Hermawan. Jadi butuh waktu untuk adaptasi," kata Joko.

Namun, pujian tetap diberikan kepada mantan pemain Villareal tersebut. "Bola atas selalu bisa dimenanginya. Baik ketika mengamankan lini belakang atau saat didepan gawang lawan," tegas Getuk, sapaan akrab Joko Susilo.

Lantas sudah pantaskah Insa menggantikan posisi Fabiano? Tim pelatih tidak mau membandingkan dua pemain itu mengingat Fabiano, yang kini berada di Brasil, sudah cukup lama bermain di Indonesia sedangkan Insa belum genap sebulan. Hal itu membuat dari segi adaptasi permainan Insa belum sebagus Fabiano.

Akan tetapi setidaknya, Insa sudah membuktikan keunggulan postur 190 cm-nya dalam duel udara. Dua gol yang dicetaknya pun semua dari kepalanya. "Kami yakin dia masih bisa lebih baik lagi dari apa yang sudah diperlihatkan saat ini," imbuh pelatih asal Cepu itu.

Semula, Aremania dan banyak pihak sempat meragukan kualitas Insa karena dia hanya dua kali ikut latihan sebelum terjun di ajang Piala Jenderal Sudirman.

Tim pelatih Arema pun sempat disindir membeli kucing dalam karung saat memutuskan merekrutnya. Tetapi, anggapan itu sementara bisa ditepis dalam dua pertandingan awal Piala Jenderal Sudirman, masing-masing melawan Gresik United dan PBR.

Video Populer

Foto Populer