Sukses


Main Tarkam, Rahasia Kiper Persipura Patahkan Penalti Syamsul

Bola.com, Malang - Kemenangan Persipura Jayapura atas PSM Makassar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali (23/11/2015), ikut melambungkan nama penjaga gawang Ferdiansyah.

Sebab, Ferdiansyah bisa mementahkan penalti kapten PSM, Syamsul Chaeruddin, pada babak kedua (69'). Bola yang mengarah ke sisi kanan gawangnya bisa diblok.

Kiper 32 tahun ini pun sukses menghapus "dosa" karena pelanggaran yang dilakukan sebelumnya. "Biasanya penendang yang melakukan tipuan. Tapi, kemarin saya yang menipu Samsul," kata Ferdi.

Tipuan yang dimaksud, kiper asal Malang itu melakukan gerakan awal ke arah berlawanan sebelum terbang ke sisi kanan. "Ya begitulah tipuan kiper," lanjutnya.

Selain itu, Ferdy melihat Samsul juga tidak melakukan tipuan saat melakukan eksekusi sehingga dia tidak kesulitan menyelamatkan gawangnya.

Meski begitu, Ferdy tetap layak dipuji karena dia bisa tenang berhadapan dengan pemain berpengalaman sekelas Samsul.
Selama ini, mantan kiper Persma Manado itu memang lebih banyak duduk di bangku cadangan. Meski, dia sudah memperkuat Persipura sejak musim 2007.

Namun, kali ini dia membuktikan masih bisa bersaing untuk mendapatkan posisi kiper utama dengan Selsius Gebze dan Dede Sulaiman.

Lantas apa yang membuat skill menangkap bolanya terus terasah ketika lebih banyak duduk di bangku cadangan? Ternyata jawabannya adalah bermain tarkam. "Waktu di tarkam saya sering gagalkan penalti juga," kata Ferdiansyah sambil tertawa.

Di Piala Presiden lalu, Persipura meliburkan semua pemain karena tidak ikut ambil bagian. Selama libur, Ferdy kerap ikut tarkam di Malang atau kota lain di Jawa Timur. Hasilnya, sentuhan kipernya masih terasah saat dipercaya pertama kali jadi starter di Piala Jenderal Sudirman melawan PSM Makassar (23/11/2015).

Video Populer

Foto Populer