Sukses


Ada Sponsor Kakap di Balik Klub Tarkam Makassar

Bola.com, Jakarta - Masih ingat Liga Ramadhan 2015 di Makassar? Turnamen antarkampung yang digelar tahunan di Lapangan Hasanuddin itu jadi panggung pemain ISL saat kompetisi vakum. Para pemilik klub berlomba mendatangkan pemain top untuk mendongkrak performa tim atau sekadar jadi pemancing penonton. 

Salah satu klub yang gencar berburu pemain adalah Khaka FC. Salah satu bintang yang digaet Khaka FC di Liga Ramadhan adalah Fabiano Beltrame. Selain Liga Ramadhan, Khaka FC juga tampil di Piala Wali Kota Makassar, yang selesai digelar pada Sabtu (5/12/2015).

Klub tarkam di Makassar dikenal royal dalam memburu pemain. Sebagian besar adalah klub yang dimiliki pengusaha lokal. Tapi, ada juga yang mendapat sponsor kelas kakap. Khaka FC termasuk kategori klub tarkam yang dapat sponsor besar, yakni PT Aneka Tambang Tbk. yang berlokasi di Kolaka, Sulawesi Tenggara. 

Pemilik Khaka FC, Aziz Latunrung mengungkapkan, euforia sepak bola di Makassar jadi perhatian pengusaha. Apabila manajemen mampu mengelola klub dengan baik, besar kemungkinan perusahaan mau menggelontorkan uang untuk program sponsor. 

"Bila berprestasi, tentu tidak sulit untuk menggandeng sponsor. Apalagi sepak bola adalah olahraga yang melibatkan banyak orang," katanya. 

Aziz enggan menyebut nominal yang diberikan oleh sponsor tersebut untuk Khaka FC. Tapi, dengan adanya kerja sama itu, membuktikan sepak bola tetap jadi olahraga seksi untuk berpromosi. Aziz coba menawarkan cara tersebut kepada PSM Makassar, jika ia ditunjuk jadi manajer. 

"PSM punya nilai jual yang bagus di mata sponsor. Yang terpenting saat ini adalah membentuk tim lebih awal awal bisa berprestasi pada turnamen yang dikuti," ujarnya.

Saat ini, Aziz menunggu keputusan dari jajaran komisaris PSM terkait penentuan pemegang kendali manajemen pasca mundurnya Sumirlan pekan lalu.

Dikonfirmasi, Ramli Manong, media officer PSM mengungkapkan pihaknya belum mendapat kepastian waktu pertemuan pada komisaris PSM yang terdiri dari Sadikin Aksa, Solihin Jusuf Kalla, dan Andi Suruji. 

Prestasi minor PSM Makassar sepanjang tahun ini berbanding terbalik dengan seringnya Makassar menggelar turnamen tarkam. Bahkan, tarkam di Makassar jadi salah satu favorit pemain ISL baik asing maupun lokal. Tahun ini, ada tiga turnamen bergengsi yang digelar di Makassar dan sekitarnya (Sulsel), yakni Liga Ramadhan, Habibie Cup, dan Piala Wali Kota. 

Video Populer

Foto Populer