Sukses


Tentara Rela Bersenjata Sapu Lidi di Stadion Manahan

Bola.com, Solo - Menjelang babak delapan besar Piala Jenderal Sudirman Grup D, ratusan tentara dari jajaran Korem 074/Warastratama, Kodim 0735 Solo, serta anggota Koramil se-Kota Bengawan bersih-bersih Stadion Manahan pada Jumat (11/12/2015).

Para tentara itu adalah suporter PS TNI, yang akan diterjunkan untuk mendukung perjuangan Manahati Lestusen dkk. pada fase delapan besar. Agenda bersih-bersih tak hanya untuk laga PS TNI, tapi juga semua partai yang digelar di Solo.

"Kegiatan bersih-bersih adalah perintah dari atasan bahwa penyelenggaraan di Solo harus maksimal. Termasuk kebersihan tribune stadion agar masyarakat bisa menyaksikan pertandingan dengan nyaman," kata Komandan Kodim (Dandim) 0735 Solo, Letkol Inf. Chrisbiantoro Arimurti.

Dari pantauan bola.com, seratusan tentara membersihkan tribune VIP baik tengah maupun sisi sayap. Mereka pun menanggalkan senjata pistol dan mengganti dengan senjata baru, sapu lidi. Anggota TNI berseragam lengkap itu sibuk membersihkan sela-sela kursi penonton.

Dandim menjelaskan, kegiatan tersebut tak hanya dilakukan di dalam stadion, namun berbagai sudut kawasan Manahan. Nantinya, anggota TNI juga diwajibkan membersihkan sekitar tempat duduk seusai memberikan dukungan bagi skuat PS TNI.

"Jadi, kami harus menimbulkan kesan, tempat yang digunakan untuk bertanding selalu bersih," ucap dia.

Sementara, untuk menjaga kondusivitas keamanan selama turnamen, Sebanyak 1.200 personel keamanan diterjunkan. Rinciannya, 750 aparat gabungan dari TNI-Polri dan sisanya dari Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pamswakarsa) yang berisikan suporter Pasoepati bentukan Polresta Surakarta.

"Kami kerahkan keamanan semaksimal mungkin, karena tujuan turnamen ini menjadikan pertandingan sepak bola lebih indah, aman, dan bisa dinikmati semua kalangan," tandas Komandan Korem 074/Warastratama Solo, Kolonel Arhanud Toto Nugroho.

Persiapan akhir dilakukan panitia pelaksana (panpel) baik TNI maupun Persis Solo, menjelang babak 8 Besar Piala Jenderal Sudirman, 12-22 Desember. Stadion Manahan bakal jadi arena pertarungan Persija Jakarta, Mitra Kukar, PS TNI, dan Semen Padang.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer