Sukses


Klub Sergio van Dijk Batal Tampil di Liga Champions Asia

Bola.com, Jakarta - Kabar tak menyenangkan diterima klub Sergio van Dijk di Thailand Premier League, Suphanburi FC. Klub yang musim ini finis di peringkat ketiga itu batal tampil di Liga Champions Asia (LCA).

Sesuai regulasi, sebagai klub yang finis di urutan ketiga TPL 2015, Suphanburi FC berhak tampil di laga pra play-off tahap kedua Liga Champions Asia 2016. Semula, jatah ini dimiliki oleh klub wakil Indonesia. Akan tetapi, sanksi pembekuan FIFA yang menimpa sepak bola Indonesia menjadikan jatah Indonesia itu diambil alih klub Thailand.

Klub yang mendapat durian runtuh itu adalah klub yang berada di peringkat ketiga TPL 2015, lantaran juara TPL 2015 berhak tampil langsung di fase penyisihan grup sedangkan runner-up tampil di pra play-off tahap kedua. Itu berarti, ada dua klub Thailand yang tampil di fase sebelum play-off LCA 2016.

Seperti dikutip di Bangkok Post, Rabu (16/12/2015), AFC menginformasikan bila Suphanburi batal tampil di pra play-off tahap dua LCA dan tempatnya digantikan Chonburi, yang di klasemen akhir TPL 2015 ada di urutan keempat.

Penyebab kegagalan Suphanburi tampil di LCA disebabkan stadion klub berjulukan The War Elephant itu tidak memenuhi persyaratan menggelar kompetisi elite lintas negara di Benua Asia seperti yang diterapkan AFC. 

Tidak dijelaskan secara detail kekurangan apa yang dimiliki Stadion Suphanburi Municipality, yang berada di kota Suphanburi, dengan kapasitas 21 ribu orang itu hingga dinyatakan tidak memenuhi syarat AFC.

"AFC sudah mengirimi kami surat yang mengonfirmasikan bila kami akan jadi klub ketiga dari Thailand yang bermain Liga Champions Asia tahun depan," ujar Jeerasak Chomtong, Direktur Media Chonburi, dalam sebuah pernyataan kemarin.

Di pra play-off tahap kedua, Chonburi berhadapan dengan tim asal Myanmar, Yangon United. Pemenang dalam tahap ini akan bertemu dengan klub J-League, Urawa Red atau FC Tokyo di fase play-off. Juara dari fase ini mendapat tempat di putaran final, tepatnya tergabung di Grup E.

Sementara wakil Thailand lainnya, Muang Thong United (runner-up TPL 2015) menghadapi Johor Darul Ta'zim (juara Piala AFC asal Malaysia) di pra play-off tahap dua. Tim pemenang akan bertemu Shanghai SPIG (Tiongkok) di fase play-off. Pemenang dari fase itu bakal masuk putaran final di Grup G. 

Sedangkan Buriram United, juara TPL 2015, langsung mendapat jatah bermain di putaran final LCA dan berada di Grup F. 

Belum diketahui apakah keputusan AFC ini memengaruhi masa depan Sergio van Dijk bersama Suphanburi musim depan. Seperti dikutip di ESPN Asia, medio November lalu, striker naturalisasi Indonesia itu menyatakan minatnya berkiprah di Malaysia. 

Mantan penyerang timnas Indonesia itu menambahkan keinginannya menjajal Malaysia Super League (MLS) bukan karena ia tak bahagia bersama Suphanburi.

"Saya bahagia di Suphanburi dan ingin bertahan, tetapi segala sesuatu bisa berubah dengan cepat di sepak bola, jadi kita harus bersiap dengan segala kemungkinan," tutur Sergio van Dijk.

 

Marcelo bantah Real Madrid mengalami krisis kepercayaan diri. Klik di sini untuk berita kompletnya 

 

Video Populer

Foto Populer