Sukses


Seleksi Awal MU Hanya Diikuti 8 Pemain

Bola.com, Surabaya - Seleksi pemain Madura United dimajukan dari rencana semula. Jika sebelumnya pelatih Gomes de Oliveira menyatakan seleksi pemain akan dimulai pada Senin (1/2/2016), ternyata pada Rabu (27/1/2016) malam ia sudah diminta manajer Madura United, Haruna Soemitro, agar memulai seleksi pada Kamis (28/1/2016) pagi.

Alasan manajemen untuk membuka keran seleksi lebih awal agar pemain yang datang bukan sisa-sisa dari klub ISL lainnya. Kendati faktanya saat ini mayoritas pemain bintang atau pemain berkualitas yang sudah terikat kontrak dengan klub lain.

Lantaran instruksi tersebut terbilang mendadak, latihan sekaligus seleksi di hari pertama yang digelar di Lapangan Menanggal, Surabaya itu, hanya diikuti delapan pemain. Alhasil, seleksi pemain yang dijalankan Gomes belum bisa berjalan maksimal.

Pelatih kepala Madura United asal Brasil tersebut mengaku dari delapan pemain, tak satu pun yang dikenalinya. Gomes juga tidak mengetahui dari klub mana saja mereka bermain sebelumnya.

"Saya tidak tahu siapa mereka. Sudah saya catat namanya, tapi lupa lagi siapa saja namanya," ujar mantan pelatih Persela Lamongan dan Persiwa Wamena itu.

Gomes menyebutkan pada latihan perdana ini ia tidak memberikan menu khusus pada para pemain. Selain karena jumlah pemainnya terbatas, ini hari pertama ia memimpin latihan. Ia hanya beri latihan umum macam operan, tembakan, dan dribbling. Hal itu dimaksudkan untuk melihat kemampuan indvidu para pemain.

Rencananya, latihan hari kedua, Jumat (29/1/2016) pagi, jumlah pemain yang datang akan bertambah. Gomes mendapat informasi dari sang pemilik MU, Achsanul Qosasi, dan manajer Haruna Soemitro, bahwa pemain yang datang jumlahnya lebih banyak dari pemain yang mengikuti seleksi awal itu.

"Semoga besok akan bertambah sehingga saya bisa memberikan menu latihan yang ideal karena sulit melihat kemampuan individu setiap pemain jika hanya segelintir saja," katanya.

Selama proses seleksi, Gomes akan dibantu Wenedy Purwito. Winedy diplot menjadi asisten pelatih Gomes sekaligus memberikan penilaian terhadap siapa saja pemain yang layak direkomendasi untuk dikontrak.

Arsitek tim berjulukan Sape Kerap itu pun berharap, manajemen segera memberi tambahan tenaga asisten pelatih guna membantu dirinya. Maklum, jika hanya berdua, ia yakin bakal kewalahan. "Apalagi kalau gelombang pemain yang datang mencapai 20 lebih," jelas Gomes.

Seleksi tahap pertama ini dijadwalkan akan berlangsung hingga Selasa (2/2/2016). Sebelum tim terbentuk, tim pelatih juga akan tetap berada di Surabaya. "Kalau di Madura terlalu jauh bagi pemain yang ingin mengikuti seleksi maupun pemain undangan," katanya.

Setelah tim terbentuk, Gomes belum tahu sampai kapan mereka akan berada di Surabaya. Maklum, sang manajer Haruna Soemitro belum menginformasikan kapan mereka akan boyongan ke Madura. Apalagi, Haruna juga tinggal di Surabaya.

Video Populer

Foto Populer