Sukses


Ada ISC 2016, Ryuji Utomo Pilih Main di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Mantan pemain klub  divisi II Liga Bahrain Al Najma, Ryuji Utomo berminat kembali melanjutkan karier di Indonesia. Ryuji akan memutuskan memperkuat salah satu klub ISL setelah ada kejelasan soal kompetisi garapan perusahaan baru PT Liga Indonesia, Indonesia Super Competition (ISC) 2016.

"Saya sudah mendapat tawaran dari beberapa klub ISL. Klub-klub tersebut sudah menghubungi Muly Munial selaku agen. Tapi saya belum diberi tahu identitas klub-klub tersebut," ungkap pemain berdarah Indonesia-Jepang kepada bola.com.

Ryuji menegaskan, peluang bermain di klub ISL akan ia manfaatkan, dengan catatan kompetisi berjalan normal. Ia mengaku sulit mengembangkan kemampuan bila hanya bermain di turnamen.

"Kalau saya pribadi berminat untuk melanjutkan karier di Indonesia, jika ISC 2016 benar-benar sudah ada kejelasan kapan kompetisi bergulir. Di Indonesia saya bisa dekat dengan keluarga, itu salah satu alasan saya," imbuhnya.

Baca Juga

Ryuji harus mengubur impian melanjutkan karier di Al Najma. Klub divisi II Liga Bahrain tersebut memutus kontrak pemain berumur 20 tahun itu, karena manajemen klub lebih memilih mengontrak seorang striker baru ketimbang memperpanjang kontrak pemain yang berposisi sebagai bek sayap kanan tersebut.

Setelah itu, Ryuji pulang ke Jakarta pada awal Januari 2016. Mantan pemain diklat Persib Bandung lebih memilih berkumpul bersama keluarga, sambil menunggu tawaran dari beberapa klub Indonesia dan luar negeri.

"Kalau main di luar negeri saya masih tertarik, tapi konsekuensinya harus jauh dari keluarga. Saya menyerahkan dan mempercayakan seluruh keputusan masa depan kepada agen saya. Kalau dari pribadi, saya ingin bermain di Indonesia," kata Ryuji.

ISC 2016 merupakan kompetisi garapan perusahaan baru PT Liga yang bersifat independen atau tanpa campur tangan PSSI. Rencananya, ISC 2016 yang diikuti 18 klub ISL mulai bergulir pada Maret hingga November 2016.

Video Populer

Foto Populer