Sukses


East Riffa serta Al Najma Pulangkan Adam Alis dan Ryuji Utomo!

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari dua pesepak bola muda Indonesia yang berkarier di Bahrain, Adam Alis Setyano dan Ryuji Utomo Prabowo. Keduanya dilepas oleh klub yang merekrut mereka sejak awal musim 2015, East Riffa FC dan Al Najma.

East Riffa, yang diperkuat Adam Alis merupakan kontestan Bahrain Premier League (kompetisi kasta tertinggi) sedangkan Al Najma merupakan klub peserta Divisi Dua Liga Bahrain.

Kepastian itu datang dari agen Adam dan Ryuji, Muly Munial, Kamis (7/1/2016). "Keduanya sudah tidak bersama klub masing-masing. Keputusan ini tentu tidak mengenakkan untuk mereka, tetapi Adam dan Ryuji bisa menerima hal ini sebagai pemain profesional," ujar Muly.

Muly, yang bernaung di bendera Munial Sport Group (MSG), menjelaskan alasan anak asuhannya dilepas East Riffa dan Al Najma adalah karena kebutuhan tim. Ia menegaskan bukan karena buruknya performa Adam dan Ryuji selama membela klub-klub itu dalam kisaran empat bulan terakhir.

Secara spesifik untuk Adam, Muly mengungkapkan, East Riffa FC membutuhkan striker profesional. Meski pelatih kepala East Riffa, Isa Al Sidoon, masih ingin mempertahankan mantan gelandang Persija Jakarta itu, desakan fans dan manajemen yang menguat untuk segera mendatangkan striker tak bisa ditolak.

Hampir mirip dengan alasan Adam, Ryuji juga terpaksa pulang ke Indonesia lantaran Al Najma lebih memilih mendatangkan striker baru untuk menggantikan striker lama yang saat ini dalam kondisi sakit. Al Najma memutuskan memulangkan Ryuji dan menggunakan bek lokal untuk lini pertahanan mereka.

"Jadi, bukan karena kontribusi keduanya kurang. Adam misalnya, bermain hampir 66 persen dari total pertandingan East Riffa di putaran pertama. Ryuji, yang berposisi sebagai bek, juga mampu mencetak gol untuk timnya," jelas Muly.

Alasan itu sama seperti yang ditulis media lokal Bahrain. Dari salah satu situs lokal yang dilansir bola.com, Kooora, dijelaskan bila Adam dipulangkan East Riffa karena mereka membutuhkan tambahan striker sebagai modal menjalani putaran kedua yang persaingannya makin berat.

"Pelatih Isa Al Sidoon memulangkan Adam Alis dan mencari pemain lain. Mereka sudah melakukan negosiasi untuk mendatangkan striker Irak, Younis Mahmoud, di putaran kedua kompetisi," demikian sebagian isi pemberitaan yang tertulis di Kooora tertanggal 23 Desember 2015.

Media lokal Bahrain memberitakan pencoretan Adam Alis.

 
Saat ini Ryuji dan Adam masih berada di Manama, Bahrain. Rencananya, keduanya akan bertolak kembali ke Tanah Air pekan depan.

"Masa depan keduanya masih panjang karena masih muda. Selepas ini mungkin saya akan bawa mereka ke Malaysia atau Thailand. Bisa juga memperkuat klub ISL di Piala Gubernur Kaltim. Yang pasti, keberadaan mereka di Bahrain cukup memberikan pengalaman berharga buat mereka," ucap Muly.

Ryuji Utomo bergabung dengan Al Najma pada pertengahan Agustus 2015 sementara Adam Alis menyusul koleganya pada akhir September 2015. Kontrak keduanya sebenarnya masih tersisa tiga bulan sebelum akhirnya dipulangkan pada akhir putaran pertama, Desember 2015.

 

Video Populer

Foto Populer