Sukses


Joko Susilo Berangkat ke Jepang saat Ultah Consadole Sapporo

Bola.com, Malang - Rencana asisten pelatih Arema Cronus Joko 'Getuk' Susilo menimba ilmu ke Jepang harus tertunda. Semula, pelatih asal Cepu itu akan berangkat menuju Hokkaido Consadole Saporo pada Februari 2016. Namun, manajemen Arema merasa jadwal keberangkatan Getuk kurang pas.

Bila berangkat pada Februari, di Jepang sedang musim dingin yang ekstrem, sehingga dikhawatirkan Getuk tak bisa beradaptasi dengan cuaca itu. "Kami akan berangkatkan Joko Susilo ke Jepang pada bulan April. Momennya bertepatan dengan ulang tahun Consadole Sapporo," kata General Manager Arema, Ruddy Widodo.

Getuk pun rencananya tidak sendirian. Perwakilan dari manajemen Arema akan ikut mengantarkannya. "Rencananya satu bulan dulu saya di sana. Kalau memang perlu lanjut, ya tidak masalah," kata Getuk.

Selama di Jepang, pelatih 45 tahun akan mempelajari persiapan tim senior Sapporo hingga pembinaan tim junior. "Semuanya akan saya pelajari," imbuhnya.

Ditanya tentang persiapan sebelum ke Negeri Sakura, Joko Susilo mengaku tidak punya kendala. Soal komunikasi, dia akan lebih memperdalam bahasa Inggris. "Kalau bahasa, pakai bahasa Inggris saja. Sulit kalau bahasa Jepang," katanya sambil tertawa.

Menurut manajemen Arema yang sudah berkunjung ke Sapporo pada 2015, Getuk diprediksi bisa cepat menyerap ilmu kepelatihan. Secara kultur dan prinsip bermain bola, Indonesia dan Jepang tidak berbeda jauh. Selain itu, manajemen dan staf kepelatihan Hokkaido Consadole Sapporo sangat ramah.

"Arema selalu diterima dengan tangan terbuka di sana karena memang sudah ada kerja sama sister club," kata Manajer International Affair Arema Fuad Ardiansyah.

Video Populer

Foto Populer