Sukses


Eks Asisten Pelatih Persija Belajar Banyak Hal dari Sofyan Hadi

Bola.com, Sleman - Persija Jakarta meraih kesuksesan saat menjuarai Liga Indonesia tahun 2001. Sofyan Hadi jadi sosok yang mampu meracik skuat Macan Kemayoran merebut tahta tertinggi sepak bola Tanah Air.

Kini, sang juru taktik berjenggot putih itu harus berjalan tertatih menggunakan tongkat maupun kursi roda. Pria penghuni Timnas era 1970-an itu terkena penyakit kanker tulang belakang.

Isman Jasulmei yang jadi asisten kala Persjia juara mengenal betul sosok seniornya itu. Banyak kenangan yang membekas saat berkolaborasi meracik Luciano Leandro dkk. hingga menggapai tangga juara.

"Bang Sofyan sosok pelatih yang punya karakter. Dia keras dan disiplin makanya tim yang dilatih banyak meraih kesuksesan seperti Persija, PSPS (Pekanbaru), maupun PSIM (Yogyakarta),'' ungkap Isman saat berbincang dengan bola.com di Sleman, Sabtu (6/2/2016).

Laga amal bertajuk Charity Games untuk membantu kesembuhan Sofyan Hadi pun digelar di dua tempat, yakni Stadion Manahan Solo, Kamis (4/2/2016) dan Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (6/2/2016).

Selain untuk Sofyan, laga itu juga ditujukan untuk membantu cedera panjang yang dialami eks penggawa Timnas, Alfin Tuasalamony, Muhammad Nasuha, serta Abdul Rahman Lestaluhu. Sofyan turut menyaksikan laga di Stadion Mguwoharjo dari pinggir lapangan meski duduk di kursi roda.

Isman mengaku bahwa ia banyak belajar dari seniornya tersebut. Karakter keras dan disiplin membuat Sofyan Hadi dinilainya mampu merangkul semua pemain bintang yang ada di Persjia kala meraih gelar juara.

''Bagaimana menangani pemain bintang dengan ego masing-masing mampu dijalankan Sofyan Hadi. Metode semacam itu yang bagi saya cukup penting untuk seorang pelatih,'' tutur eks pelatih Persis Solo itu.

Melihat kondisi seniornya yang menderita sakit kanker tulang, Isman berharap Sofyan Hadi diberikan jalan terbaik. ''Mudah-mudahan beliau cepat sembuh,'' ucapnya.

Video Populer

Foto Populer