Sukses


Pemain Asing Persija Kenal Indonesia berkat Timnas U-23

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta bergerak cepat untuk berlaga di turnamen Piala Bhayangkara. Klub berjulukan Macan Kemayoran mendaratkan pemain belakang asing dari Brasil, Tales Ricarte Dos Santos.

Ada alasan khusus yang membuat Ricarte, mau bergabung dengan Persija. Ini merupakan kali pertama bagi bek berusia 31 tahun tersebut membela klub asal Indonesia. Sebelumnya, ia bermain di klub-klub Malaysia, Vietnam dan juga Brunei. Berikut petikan wawancara bola.com dengan Ricarte usai berlatih di Lapangan POR Sawangan, Rabu (24/2/2016):

Apa alasan yang membuat Anda bermain di Persija?

Saya bergabung dengan klub ini karena ada tawaran dari agen. Kesempatan itu tidak mau saya sia-siakan karena Persija adalah klub yang besar dan mempunyai penggemar yang banyak, sehingga saya ingin membantu klub ini meraih gelar.

Anda baru pertama kali bermain di Indonesia. Ada kesan?

Animo penonton sepak bola sangat besar, ini merupakan keuntungan bagi Indonesia. Saya juga menilai kemampuan para pesepak bola di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lainnya.

Untuk masalah kontrak saya kurang tahu, karena semuanya yang mengurus adalah agen saya. Saya datang ke sini adalah untuk menunjukkan kemampuan terbaik saya dan membantu tim ini.

Menurut Anda, apa yang membedakan sepak bola Indonesia dengan negara-negara yang pernah Anda bermain?

Saya merasa di Indonesia semua masyarakatnya sangat suka dengan sepak bola. Ini yang saya rasakan saat pertama kali berada di Indonesia, banyak fans yang meminta saya untuk berfoto. Pengalaman ini tidak saya rasakan di klub-klub yang saya bela sebelumnya.

Apakah sudah mendengar soal sepak bola Indonesia sebelumnya?

Saya pernah melihat pemain Indonesia yang bermain sangat bagus saat menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Brunei DPMM FC tahun 2013. Tapi saya tidak tahu nama dia, saya hanya tahu permainan dia sangat bagus.

Pandangan Anda soal sanksi FIFA yang dijatuhkan untuk Indonesia?

Sangat buruk untuk Indonesia, karena negara ini mempunyai penonton yang sangat ramai. Saya berharap sanksi itu segera dicabut, dan tim-tim bisa bermain di AFC Cup.

Bagaimana adaptasi dengan cuaca dan situasi Jakarta?

Saya rasa tidak ada perbedaan yang jauh cuaca Indonesia dengan negara klub yang pernah saya bela. Jadi saya dapat beradaptasi dengan baik di Indonesia.

Video Populer

Foto Populer