Sukses


Klub Senang Ada 6 Ajang Sepak Bola Digelar pada 2016

Bola.com, Jakarta - Klub ISL dan Divisi Utama merespons positif rencana PT Gelora Trisula Semestra (GTS) menggelar enam ajang sepak bola pada 2016. Enam ajang itu disampaikan kepada klub oleh jajaran PT GTS sebagai anak perusahaan PT Liga Indonesia pada Jumat (26/2/2016) di Hotel Park Lane, Jakarta.

Enam ajang itu adalah Indonesia Soccer Championship A untuk klub ISL, Indonesia Soccer Championship B untuk klub Divisi Utama, ISC A U-21 sebagai pengganti ISL U-21, ISC U-17 (pengganti Piala Suratin), Piala Nusantara (untuk Liga Nusantara), dan Piala Presiden sebagai turnamen untuk klub ISL.

"Pada dasarnya klub sudah lega dengan adanya pemaparan dari PTGTS. Kami berharap gelaran itu tidak ada halangan, termasuk izin dari kepolisian," kata Manajer Operasional Mitra Kukar, Suwanto. 

Klub ISL akan mendapat hak komersial atau subsidi minimal Rp 5 miliar. Sementara, klub Divisi Utama berhak Rp 400 juta (babak penyisihan grup), Rp 350 juta untuk babak 16 besar, dan Rp 150 juta untuk babak 8 besar.

"Paling tidak sudah ada kejelasan soal kompetisi, meski tak ada promosi degradasi. Kami tinggal menunggu realisasi kompetisi bagaimana. Semoga tidak ada kendala," kata Aven Hinelo, Manajer Persigo Gorontalo.

Kompetisi ISC A melibatkan seluruh kontestan ISL 2015 (18 klub) yang digelar dengan format satu wilayah dan akan bergulir mulai 15 April-18 Desember 2016. Sementara, untuk ISC B dengan peserta 59 klub dibagi menjadi delapan grup. ISC B rencananya diputar mulai 23 April 2016. 

"Kami tinggal menjalani kompetisi ini dengan maksimal. Klub tidak mau terlibat urusan politik sepak bola, yang penting memastikan kompetisi kembali berjalan," kata Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Glen Sugita.

Untuk ISC A, klub akan diverifikasi mulai 5-30 Maret 2016. Maksimal pada 15 Maret 2016, regulasi sudah ditetapkan dan PT GTS akan merilis jadwal. Sementara, untuk klub Divisi Utama akan dibahas dalam temu manajer pada awal Maret.

"Kami merasa ini adalah jawaban dari keinginan klub akan kompetisi jangka panjang. Kami yakin semua pihak akan mendukung bergulirnya kompetisi, termasuk dari pihak Kepolisian," kata Direktur Utama PT GTS, Joko Driyono.

Video Populer

Foto Populer