Sukses


Klub Tak Mudah Cari Pemain Asia saat Tampil di ISC A 2016

Bola.com, Jakarta - Kompetisi Indonesia Soccer Championship A yang akan diikuti klub ISL menerapkan regulasi baru, terkait penggunakan pemain asing. Pada ISC A, klub diperbolehkan memakai empat pemain asing, satu di antaranya dari Asia. Regulasi itu disampaikan dalam pertemuan klub dengan operator kompetisi di Jakarta, Jumat (27/2/2016).

Menanggapi regulasi itu, klub langsung bergerak menginventarisasi pemain Asia untuk diseleksi. Namun, hal tiu dirasa tidak mudah karena pemain Asia yang berkualitas atau berpengalaman di liga Asia Tenggara banyak yang sudah gabung klub dan menjalani kompetisi. 

"Mungkin agak susah mencari pemain Asia, tetapi kami akan berupaya datangkan lewat agen dalam seleksi pemain. Proritas kami untuk saat ini masih pemain lokal. Sambil jalan akan kami cari pemain asing," kata Asisten Manajer Barito Putera, Syarifudin Ardasa.

Saat ini, Barito baru memiliki satu pemain asing, yakni gelandang asal Sierra Leone, Ibrahim Conteh. Rencananya, Barito akan menggelar seleksi pemain mulai Rabu (2/3/2016) di lapangan Bea Cukai, Jakarta Timur.

Pemain Asia di Arema Cronus juga belum dibicarakan. Namun, manajemen Singo Edan masih memiliki slot satu pemain asing, setelah sebelumnya ada Srdan Lopicic, Esteban Vizcarra, dan Goran Gancev. 

"Nanti akan kami bicarakan lebih lanjut, karena baru mendapat pemaparan regulasi dari operator. Pada dasarnya klub menghormati regulasi yang akan diterapkan," kata General Manager Arema, Ruddy Widodo pada Jumat (26/2/2016).

Bali United juga tak mau gegabah segera menyeleksi pemain asing, termasuk dari Asia. "Soal rekrutmen pemain, kami menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih. Ini menjadi hal yang cukup serius karena Bali United saat ini mengandalkan skuat lokal dan pemain lokal jadi ciri dan program utama tim kami, kata CEO Bali United, Yabes Tanuri.

Regulasi ISC A 2016 belum diketuk palu alias ditetapkan. PT Gelora Trisula Semesta selaku operator masih akan menampung pendapat klub soal regulasi hingga 5 Maret 2016 mendatang. 

Direktur PT GTS Joko Driyono menegaskan, pemain Asia kembali masuk dalam regulasi kompetisi untuk menjaga kualitas kompetisi meski status federasi dibekukan pemerintah.

"Regulasi 3+1 untuk pemain asing saya kira tidak bisa diabaikan meskipun kondisi sepak bola belum normal. Hal ini berkaitan untuk menjaga kualitas dan persaingan global," tegas Joko Driyono.

Indonesia Soccer Championship A 2016 rencananya akan bergulir pada 15 April-18 Desember 2016. Klub akan diverifikasi hingga 15 Maret, setelah itu PT GTS akan merilis jadwal.

Video Populer

Foto Populer