Sukses


Tim PON Kaltim Tak Mau Jadi Bulan-bulanan 3 Klub ISL

Bola.com, Balikpapan - Tim PON Kaltim satu-satunya tim medioker di Grup C Piala Gubernur Kaltim. Kendati begitu, pelatih Edi Simon Badawi mengaku pasukannya tak merasa minder, apalagi takut menghadapi tiga calon lawan tangguh klub ISL, seperti Persiba Balikpapan, Surabaya United, dan Semen Padang.

Optimisme pelatih kawakan di ranah Kaltim bukan tanpa alasan. Persiapan matang yang dilakukan sejak akhir September 2015 dianggap cukup untuk berlaga pada ajang bergengsi nanti.

"Soal persiapan, kami memang lebih matang. Tim ini juga diisi pemain-pemain muda dengan kualitas bagus dan stamina prima. Jadi tak ada alasan bagi anak-anak merasa takut. Anggap saja Piala Gubernur Kaltim sebagai uji coba sebelum tampil di PON Jabar 2016 mendatang," sebut Edi Simon Badawi.

Darah-darah muda dinilai mantan arsitek Persiba Balikpapan ini keuntungan. Dengan tenaga besar, tim PON Kaltim akan memaksa lawan untuk adu stamina di lapangan.

"Kami punya modal tenaga bagus, tapi anak-anak harus pandai memanfaatkannya. Saya akan suruh dua pemain untung mengurung lawan yang sedang menguasai bola. Bermain menekan akan membuat permainan lawan sulit berkembang," ujarnya.

Selain itu, lanjut Edi Simon Badawi, juara bertahan PON Riau 2012 itu juga telah dibekali sebanyak 32 laga uji coba. Jumlah ini mungkin lebih banyak dibanding klub-klub profesional yang berkiprah di Piala Gubernur Kaltim.

"Kunci kesuksesan sebuah tim dilihat dari persiapan, termasuk jumlah pertandingannya. Saya yakin 32 uji coba dengan kualitas lawan yang berbeda membuat tim ini makin matang," ucapnya.

Saat menghadapi Surabaya United pada laga pembuka, Edi Simon Badawi berharap anak asuhnya tak merasa demam panggung.

"Kelemahan pemain muda soal mental bertanding. Menit-menit awal, mereka jangan kebobolan dulu. Supaya mental mereka tak drop. Pemain Surabaya United pasti akan membuat anak-anak PON Kaltim frustrasi dulu. Asal tidak terpancing, saya yakin anak-anak bisa menyulitkan lawan," katanya.

Video Populer

Foto Populer