Sukses


4 Calon Pemain Asing Persipura Wajib Tes Jantung dan Darah

Bola.com, Malang - Skuat Persipura Jayapura tak hanya sekedar melakukan latihan pagi dan sore selama menjalani training center di Kusuma Agrowisata, Batu, Malang. Tapi lebih dari itu, pada Jumat (4/3/2016) pagi, semua pemain harus mengikuti medical check-up di hotel untuk memeriksa kondisi jantung, darah dan kondisi tubuh. Buat pemain asing yang tengah menjalani seleksi tes kesehatan jadi hal yang wajib harus diikuti.

"Kami rutin setahun sekali melakukan tes kesehatan. Biasanya awal tahun menjelang kompetisi. Untuk tahun ini baru sekarang kami lakukan, karena aktivitas kompetisi terhenti dalam waktu yang demikian lama. Sekarang, Persipura tidak hanya melakukan persiapan untuk Piala Bayangkara saja, tapi juga turnamen selanjutnya atau kompetisi jadi perlu dilakukan tes kesehatan," kata pelatih Persipura, Oswaldo Lessa.

Hasil tes kesehatan ini baru diketahui satu atau dua hari ke depan. Jika ada pemain yang mengalami gangguan pada kesehatannya, penanganan lebih serius akan dilakukan untuk penyembuhan.

"Kami baru bisa putuskan tindakan kalau sudah tahu hasil tes kesehatannya masing-masing pemain. Kalau memang kondisinya mengkhawatirkan sudah barang tentu pemain yang bersangkutan dicoret dari tim," tutur pelatih asal Brasil itu.

Saat pemeriksaan, satu persatu pemain mengenakan berbagai alat untuk mendeteksi jantung, darah, hingga persendian untuk mendeteksi cedera. Itu dilakukan di kamar dokter tim Persipura, Agustinus Hetaubun.

"Sekarang kondisi pemain memang belum maksimal. Karena sempat tidak ada latihan dua minggu. Tapi saya yakin perlahan kondisi mereka akan membaik," lanjut Lessa.

Saat ini, Persipura membawa 23 pemain termasuk empat seleksi asing, El Hadji, Emnanuel Pacho Kenmogne,  Diego Messias, dan Marcelo Souza. Tes medis ini juga sangat penting untuk para pemain asing seleksi.

Hasil tes digunakan sebagai salah satu pertimbangan mereka bakal dikontrak permanen di Persipura Jayapura atau tidak. "Khusus pemain baru kami belum tahu kondisinya. Jadi hasil tes kesehatan jadi acuan utama. Kalau pemain lama mungkin tidak ada masalah karena tahun-tahun sebelumnya sudah pernah tes kesehatan," jelas Oswaldo Lessa, yang menggantikan posisi Jacksen F. Tiago pada awal 2015 tersebut.

Video Populer

Foto Populer