Sukses


Klub Divisi Utama Unik Asal Papua Ini Ingin Pindah ke Jawa

Bola.com, Yahukimo - Klub Divisi Utama asal Papua, Yahukimo FC, berminat mengikuti Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016 yang rencananya digelar mulai April mendatang. Sebelumnya, nasib Yahukimo sempat tanda tanya setelah pelatih sekaligus manajer, Rivai Arsyad, meninggal dunia bulan lalu.

Pasalnya, sosok almarhum bukan hanya meracik strategi tim, tapi juga mengeluarkan dana pribadi untuk membiayai operasional tim. Menurut Kiki Rivai, putra almarhum yang mendapat mandat melanjutkan kiprah Yahukimo, dirinya sudah melakukan koordinasi dengan Bupati Yahukimo yang baru terpilih, Abock Busup.

"Secara prinsip Pak Bupati setuju Yahukimo FC harus tetap eksis. Apalagi, beliau juga adalah pembina sepak bola. Saat ini kami menunggu instruksi lanjutan seraya mempersiapkan tim," ujar Kiki kepada bola.com.

Kiki menambahkan seperti musim sebelumnya, kemungkinan besar Yahukimo mengadopsi cara lama, yakni membentuk dua tim untuk menyiasati kekurangan dana dan materi pemain. "Kami akan memadukan pemain asal Makassar dan Yahukimo kalau jadi ikut ISC B 2016," ungkapnya.

Musim lalu, Yahukimo memakai cara unik untuk menyiasati kekurangan dana. Saat menjamu lawan atau berstatus memainkan laga kandang, mereka memakai Makassar sebagai markas tim. Begitu pula dengan pemain yang diturunkan, mayoritas asal Kota Daeng. Sebaliknya, saat menjalani laga tandang, Yahukimo diperkuat pemain Papua.

"Kami bisa menekan biaya operasional tim karena pemain asal Makassar, makan dan tidur di rumah almarhum bapak. Kami juga tak pusing soal latihan karena di Makassar banyak lapangan," papar Kiki.

Meski begitu, Kiki mengungkapkan pihaknya juga memikirkan rencana lain yakni memohon ke operator ISC B 2016 agar Yahukimo bisa tergabung dengan klub Jawa. Rencananya mereka bermarkas di Purwokerto atau Jombang.

"Kalau di Jawa, kami bisa lebih menekan biaya operasional. Apalagi kalau Yahukimo bisa bekerja sama dengan pemerintah setempat. Tapi, ini baru rencana. Keputusan finalnya tergantung bupati Yahukimo," tegas Kiki.

Asisten pelatih Yahukimo FC musim lalu, Rahman Usman, membenarkan pernyataan Kiki. Tetapi, Rahman enggan berkomentar banyak soal rencana masa depan skuatnya.

"Saya sudah dihubungi Kiki untuk segera memberitahu pemain agar mempersiapkan diri. Cuma sebatas itu saja karena sampai saat ini memang belum ada kepastian. Ditunggu saja," ungkap Rahman.

 

Video Populer

Foto Populer