Sukses


Kejutan, Semen Padang Takluk 0-1 dari Tim PON Kaltim

Bola.com, Balikpapan - Tim PON Kaltim membuat kejutan dengan menumbangkan finalis Piala Jenderal Sudirman, Semen Padang, di laga terakhir penyisihan Grup C Piala Gubernur Kaltim. Bermain di Stadion Persiba, Balikpapan, Minggu (6/3/2016), tim PON Kaltim unggul 1-0 lewat gol Rezam Baskoro menit ke-69.

Di babak pertama, PON Kaltim mampu membuktikan keberadaan mereka di Piala Gubernur Kaltim bukanlah sebagai pelengkap dan penggembira. Tim asuhan pelatih Eddy Simon Badawi ini bermain lebih terorganisasi ketimbang Semen Padang, meski dari sisi penguasaan bola tim Kabau Sirah lebih unggul 59 persen berbanding 41 persen.

Sejak wasit Bahrul Ulum membunyikan peluit tanda pertandingan dimulai, tim PON Kaltim berinisiatif mendominasi permainan. Hanya, serangan mereka belum membuahkan hasil.

Tak menyerah, Briyan Caesar dkk. kerap pula melakukan serangan balik yang membuat lini belakang Semen Padang harus terus menjaga kewaspadaan. Hanya, tim tuan rumah masih belum berhasil membobol gawang lawan yang dijaga Rivki Mokodompit.

Di kubu Semen Padang, pelatih Nilmaizar mencoba mengubah komposisi dengan menukar posisi M. Nur Iskandar-Vendri Mofu. Bila selama ini Nur Iskandar kerap ditempatkan di lini depan, kali ini Nil menempatkan Mofu berdiri di sisi Tafarel Elano. 

Tusukan satu-dua Nur Iskandar, Rudi, Irsyad Maulana yang mengisi lini tengah tim Kabau Sirah bersama gelandang asal Brasil, Fernando, sempat merepotkan pertahanan tim PON Kaltim. Hanya, sama seperti tim lawan, Semen Padang gagal membobol gawang PON Kaltim yang dijaga Dwi Yudha.

Tim Kabau Sirah punya dua peluang emas di babak pertama, yakni lewat tembakan yang dilesakkan Tafarel di menit ke-5 dan tendangan bebas yang dieksekusi Irsyad Maulana di menit ke-32.

Tembakan Tafarel masih melebar di sisi kiri gawang Dwi Yudha sementara tembakan Irsyad membentur mistar gawang tim PON Kaltim.

Dari statistik, sepanjang babak pertama Semen Padang mengkreasi dua tendangan ke gawang dan dua tendangan melenceng. Sedangkan tim PON Kaltim hanya mampu melesakkan satu tendangan melenceng.

Memasuki babak kedua, Semen Padang yang memiliki kedalaman skuat dengan materi pemain lebih unggul, mencoba menekan lawan. Hanya, lewat sebuah serangan balik pada menit ke-69, Rezam Baskoro melihat celah di pertahanan Kabau Sirah. Lewat solo run dan diakhiri tendangan kaki kiri, Rezam mampu menaklukkan Rivki Mokodompit dan membawa tim PON Kaltim unggul 1-0 atas Semen Padang.

Terkejut dengan gol itu, tim Kabau Sirah seusai water break kedua, berinisiatif mengambil alih serangan. Terbukti 20 menit terakhir Satrio Syam dkk. mampu mengurung tim lawan. Tetapi, pada pertandingan ini tampaknya skuat asuhan Nilmaizar tak dinaungi dewi fortuna.

Beberapa kali upaya mengejar keunggulan lawan dilakukan, namun tak membuahkan hasil. Setidaknya ada tiga peluang yang dimiliki Semen Padang selama 20 menit jelang pertandingan berakhir lewat variasi serangan yang dilakukan Riko Simanjuntak, Defri Riski, dan Nur Iskandar. Tetapi lagi-lagi usaha itu mentok karena mampu ditepis kiper Dwi Yudha atau membentur mistar gawang.

Hingga peluit tanda akhir pertandingan berbunyi, Semen Padang gagal menyamakan kedudukan dan harus menerima kekalahan dengan skor 0-1. Hasil ini membuat posisi tim Kabau Sirah ada di dasar klasemen Grup C dengan poin tiga. Poin itu sama seperti yang dimiliki Surabaya United dan tim PON Kaltim, hanya kedua klub itu unggul head to head serta selisih gol.

Kekalahan ini menempatkan Semen Padang dalam posisi tak menguntungkan karena Surabaya United tinggal membutuhkan hasil imbang kala bersua Persiba Balikpapan, pemuncak klasemen sementara Grup C, di pertandingan terakhir malam nanti. Bila mampu menahan imbang tim Beruang Madu, Surabaya United dipastikan akan melaju ke semifinal dan kiprah Semen Padang di Piala Gubernur Kaltim bakal berakhir.

Susunan Pemain

Semen Padang (4-4-2): 33-Rivki Mokodompit; 2-Novan Setya Sasongko, 89-Cassio de Jesus, 4-Handi Ramdhan, 3-Satrio Syam; 17-Nur Iskandar, 30-Fernando, 7-Rudi, 88-Irsyad Maulana; 10-Vendri Mofu, 8-Taffarel

PON Kaltim (4-3-3): 1-Dwi Yudha; 14-Rahmanto, 18-Nofal Fandiannur, 23-Dwi Cahyo, 6-Derry Rahman; 19-Briyan Caesar, 13-Mukhlis, 12-Fadli Nasir; 17-Rifaldi Bawuo, 22-Abdul Rohim, 9-Rofanda

Video Populer

Foto Populer