Sukses


Cerita Karier Elie Aiboy dan Mimpi Sang Anak Jadi Pesepak Bola

Bola.com, Padang - Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Pepatah itulah yang kiranya dialami mantan pemain bintang tim nasional Indonesia, Elie Aiboy, saat memperkenalkan salah satu putranya bernama Rui Angelo Aiboy kepada bola.com di Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (12/3/2016) malam.

Elie Aiboy merupakan legenda hidup Timnas Indonesia. Pemain berusia 36 tahun itu memulai karier bersama skuat Garuda pada 1999 dan telah mencetak delapan gol dari 42 penampilan. Kariernya melejit ketika membela Indonesia di ajang Piala Asia 2007 bersama Ivan Kolev.

Pada 2012, Elie kembali dipanggil Timnas asuhan Nilmaizar. Gelandang yang sering beroperasi di sisi sayap itu pun didaulat menjadi kapten. Sayang, Elie gagal mempersembahkan prestasi manis karena Indonesia tersingkir dari penyisihan grup usai kalah dari Malaysia pada laga terakhir.

Elie juga merintis karier bersama berbagai klub, di antaranya Persipura Jayapura, Semen Padang, Persija Jakarta, Arema Indonesia, PSMS Medan, dan Persidafon Dafonsoro. Selain itu, dia juga sempat meraih sukses dengan meraih treble winners tahun 2005 saat berkarier dengan Selangor FA, di Malaysia, bersama Bambang Pamungkas.

Berbagai prestasi gemilang tersebut membuat nama Elie tercatat sebagai salah satu legenda sepak bola. Namun, di luar lapangan, Elie adalah sosok ayah panutan bagi keluarganya. Hal itu bisa dilihat dari langkah sang anak yang ingin mengikuti jejaknya berkarier sebagai pesepak bola.

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Rui memang telah menggemari sepak bola. Bocah berusia 12 tahun itu pun mengaku sering berlatih bersama sang ayah hingga kini dapat menjadi bagian dari skuat Sekolah Sepak Bola (SSB) Padang Yunior.

"Iya, sejak SD memang sudah bermain sepak bola bersama ayah. Setiap pekan saya di antar ke SSB" ujar Rui.

Elie mengungkapkan, tidak pernah memaksakan putranya menjadi pesepak bola. Namun, menurut ayah dari lima orang anak tersebut, bakat Rui bermain sepak bola memang sudah terlihat sejak kecil.

"Rui berbeda dengan kakaknya. Sejak kecil dia memang suka main sepak bola. Dia nanti bakal jadi pesepak bola seperti saya. Nama lengkapnya Rui Angelo Aiboy. Harus ada Aiboy di belakang namanya" ujar Elie saat mencoba memperkenalkan sang anak.

Elie pun mengaku, pernah membawa keluarganya, termasuk Rui, ke Kuala Lumpur ketika Timnas Indonesia bertanding di ajang Piala AFF 2012. Ketika itu, menurut pemain yang mengawali karier bersama PSB Bogor tersebut, Rui sering di ajak bermain Bambang Pamungkas.

"Dulu dia ini yang sering digendong-gendong Bambang di Malaysia. Sejak kecil di keluarga, dia ini paling 'Papua' banget. Kalau lihat apa pun di jalan pasti ditendang. Batu juga bisa ditendang sama dia," gurau Elie.

Video Populer

Foto Populer