Sukses


Pra PON Papua Yakin Lolos ke Jabar Tanpa Pemain Profesional

Bola.com, Jakarta - Pelatih tim Pra PON Papua, Djoko Susilo, harus memupus hasratnya untuk memakai pemain profesional di skuat Pra PON Papua pada kualifikasi yang mulai digelar di Stadion Wibawa Mukti Bekasi, 20 Maret 2016.

Ada empat pilar yang masuk skema permainan Djoko Susilo, namun mereka tak dilepas Persipura dan Semen Padang. Petrus Paitoni Towolom, Muhamad Tahir, dan Osvaldo Ardiles Haay membela Persipura di Piala Bhayangkara Grup Bali, sedangkan Cristhover Sibi dikontrak Semen Padang.

"Saya sudah beri batas waktu keempat pemain itu menyusul pada pemusatan latihan di Sawangan, Depok. Namun, hingga kini belum bergabung. Saya akhirnya harus melupakan mereka," ungkap pelatih asal Turen, Kabupaten Malang ini.

Tanpa Cristofer Sibi dkk. mantan pelatih Persiwa ini optimistis bisa meraih tiket ke putaran final di PON Jabar 2016. Yang menarik, Djoko Susilo mendapat dukungan penuh dari 19 pemain yang telah digembleng sejak persiapan awal di Malang, September 2015.

"Mereka setuju jika tim ini tak pakai pemain profesional. Seolah mereka malah merasa tak adil bila keempat pemain itu masuk begitu saja tanpa ikut persiapan awal. Mereka mendukung saya dan yakin tim Papua tetap tangguh tanpa pemain itu," ujar Djoko.

Kondisi tim Pra PON Papua terbilang ironis karena Tommy Mano adalah manajer tim sekaligus menjabat Ketum Asprov PSSI Papua dan Persipura. Namun, dia dianggap tidak menggunakan kewenangannya untuk melepas tiga pilar Persipura ke tim Papua.

"Ini tantangan bagi kami. Saya siap menanggung apapun risikonya,  Soal Sibi, dia bilang ke saya ingin membela tim Papua. Namun, tampaknya manajemen Semen Padang tak melepas karena Sibi sudah terikat kontrak dan klausul melepas ke tim Papua tak tercantum di kontrak," kata Djoko.

Usai kualifikasi Zona Papua, Oktober lalu di Jayapura, yang tidak diakui karena tak melibatkan Tim Transisi, Djoko Susilo mulai menempa Maikel Kodey dkk. dari nol lagi.

Namun selama pemusatan latihan di Sawangan, tim Pra PON Papua tak pernah kalah dalam tiga kali uji coba. Salah satunya mengalahkan tim Pra PON DKI Jakarta 2-1. Tim Papua tergabung bersama Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara di kualifikasi nanti.

 

Video Populer

Foto Populer