Sukses


Cucu BJ Habibie Masuk Daftar Pemain Bali United di Trofeo Persija

Bola.com, Jakarta - Bali United memasukkan Muhammad Rafid Habibie dalam skuat yang akan tampil pada Trofeo Persija Jakarta 2016, Sabtu (9/4/2016) di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Kepastian Rafid masuk dalam daftar tim Serdadu Tridatu diungkapkan Panitia Trofeo Persija, yang telah menerima daftar susunan pemain kedua tim yang diundang, yakni Bali United dan PSM Makassar. Kedua tim telah menyerahkan daftar skuat pada Sabtu (8/4/2016) pagi.

Bila diturunkan Bali United, Trofeo Persija akan menjadi debut Rafid dalam pertandingan resmi sebagai bekal pengalamannya nanti di Portugal. Rafid memang sengaja berlatih di Bali United, sebelum ia berangkat ke Sporting Lisbon untuk belajar sepak bola.

Pelatih Bali United, Indra Sjafri juga melontarkan pujian kepada Rafid yang mengikuti latihan di Jakarta sejak Selasa (5/4/2016). Menurut Indra, kemampuan sepak bola Rafid berkembang pesat. Remaja 15 tahun itu juga tak canggung berada di tim yang dihuni pemain senior dan asing.

"Usia Rafid baru 15 tahun, artinya banyak hal yang membuat dia ingin terus belajar dan selama berlatih dengan Bali United, dia sangat berkembang," kata Indra.

Perjalanan Rafid Habibie ke jalur sepak bola memang tergolong mengejutkan, meski ayahnya, Rully Habibie juga cukup dekat dengan sepak bola. Rully merupakan mantan CEO PSM Makassar. Rully yang merupakan keponakan BJ Habibie mundur pada Januari 2016 karena alasan kesibukan dan ingin ada sosok lain yang lebih perhatian ke tim Juku Eja.

Rafid berlatih di Bali United sejak Maret 2016, saat Nyoman Sukarja dkk. bersiap mengikuti Piala Bhayangkara. Sebelum belajar di Bali United, Rafid berguru di di Sam's Soccer Academy International (SSAI), akademi sepak bola yang mayoritas diikuti anak ekspatriat.

"Perjuangan Rafid masih panjang. Saya berharap perjalanan dia tidak terlalu dibesar-besarkan karena Rafid dalam profes belajar. Sebagai pelatih, saya akan berusaha membina dan tentu saja memberi dukungan moril," ucap Indra.

Indra Sjafri secara khusus mendapat undangan dari BJ Habibie pada Kamis (7/4/2016) malam di kediamannya, Kuningan, Jaksel. Dalam kesempatan itu, Habibie berdiskusi soal kiprah Rafid di Bali United dan sepak bola Indonesia.

Video Populer

Foto Populer