Sukses


Rafid Habibie, dari Trofeo Menteng Junior ke Trofeo Persija

Bola.com, Jakarta - Bali United Pusam siap memakai jasa pemain usia muda Muhammad Rafid Habibie pada ajang Trofeo Persija 2016. Rafid sedang menjalani latihan untuk mengasah kemampuan sebelum trial di klub Portugal, Sporting Lisbon. 

Rafid mulai berlatih bersama Bali United saat Laskar Tridatu selesai menjalani turnamen Torabika Bhayangkara Cup 2016. Kini Rafid mengikuti rangkaian program latihan pelatih Indra Sjafri sebagai persiapan Trofeo Persija 2016. 

Ternyata Rafid tak jauh juga dari Persija. Cucu dari Junus Effendi Habibie itu pernah memperkuat PS Menteng Junior, yakni klub anggota Persija.

Rafid menjadi andalan klub yang berdiri tahun 1985 itu dalam ajang Trofeo Menteng Junior, yang kala itu diikuti oleh Villa 2000 dan SSB Endang Witarsa. Dalam ajang yang digelar November di Lapangan Aldiron, Pancoran, Jakarta, Rafid memperkuat tim Menteng Junior U-16 pada 2015.

Bermain apik di Menteng Junior, Rafid pun memutuskan untuk mencoba peruntungan di Akademi Sporting Lisbon. Ia mendapat tawaran trial ke Portugal setelah bermain bagus dalam Barcelona Summer Camp yang digelar di Karawaci pada akhir tahun lalu.

Namun, pemain yang juga masih punya hubungan darah dengan mantan Presiden RI, Burhanudin Jusuf Habibie ini baru akan bergabung dengan Sporting pada bulan Mei 2016. 

Sebelum bergabung dengan Sporting, Rafid pun berlatih bersama dengan Bali United. Meski baru berusia 15 tahun, permainan Rafid membuat pelatih Indra cukup kagum. Dirinya tak canggung bermain dengan para pemain senior. Indra pun melihat Rafid berkembang pesat dalam beberapa kali latihan. 

“Rafid banyak berkembang sejak beberapa kali ikut latihan. Tapi kami tidak fokus dengan pembentukan fisiknya, apalagi dia baru berusia 16 tahun. Kami lebih fokus kepada kemampuan dasarnya,” jelas Indra saat ditemui di Lapangan Pertamina, Rabu (6/4/2016) kemarin.

Rafid sudah masuk daftar pemain Bali United yang diikutsertakan dalam ajang Trofeo Persija 2016. Tentu saja, dalam Trofeo kali ini Rafid bisa merasakan turun dalam pertandingan sebagai bekal pengalamannya nanti di Portugal.

Video Populer

Foto Populer