Sukses


Kagumi Persib, Suporter Klub Malaysia Sambangi Markas Viking

Bola.com, Bandung - Bobotoh Persib Bandung menjadi perhatian Asia Tenggara. Publik sepak bola Malaysia pun ternyata sangat kagum dengan fanatisme bobotoh. Untuk melepaskan rasa penasaran, dua suporter klub Malaysia, Arif Kori (30) dan Hafiz Zaidi (27) sengaja datang ke markas Viking, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Selasa (12/4/2016). 

"Suporter Persib luar biasa dan gila. Kalau di Malaysia, khususnya Terengganu FA, Malaysia belum seperti di sini (Persib). Memang kalau soal suporter, Indonesia ini terdepan, yang kedua Malaysia, dan ketiga Thailand," ujar Arif, salah satu pentolan Ultras Terengganu FA.

Arif pun mengaku pernah berkunjung ke Thailand dan kata dia, program sepak bola di Negeri Gajah Putih lebih profesional. Namun, lanjutnya di Indonesia, khususnya kota Bandung suporternya lebih fantastis.

"Di sini (Bandung), saya lihat di jalan, mulai bapak-bapak, orang dewasa, sampai anak kecil memakai jersey Persib. Luar biasa sekali, padahal sedang tidak ada pertandingan Persib," kata Arif.

Arif dan Hafiz sengaja membeli kaus Viking Persib Club sebagai cendera mata untuk kerabatnya di Malaysia. "Saya beli 20 kaus di sini (Viking Original Marchandise) karena harganya murah Rp 90 ribu, kalau beli di Malaysia bisa sampai Rp 200 ribu," ungkapnya.

Hanya saja, ia menyayangkan sepak bola Indonesia sedang disanksiFIFA. Akibatnya, timnas Indonesia tidak bisa pentas di tingkat internasional. "Semoga sepak bola Indonesia lepas dari sanksi saja. Jadi siapa tahu Persib bisa main lawan Terengganu di AFCCup," harap Arif.

Hafiz Zaidi sendiri kali keduanya datang ke Indonesia, namun baru kali ini menyambangi Kota Bandung, namun ia cukup mengenal beberapa mantan pemain Persib.

"Saya pernah bertemu dan foto bareng dengan Sergio van Dijk di Thailand, dengan Ahmad Jupriyanto juga pernah apalagi dia tadinya mau gabung ke Terengganu tapi ternyata tidak jadi, padahal dia pemain bagus," ujarnya.

Hafiz mengaku tidak pernah ketinggalan dengan perkembangan Persib Bandung meski hanya melalui website. "Saya ingin sekali nonton Persib langsung. Sempat Terengganu mau uji coba dengan Persib tapi gak jadi," ujar Hafiz.

Menurut Hafiz, tim Persib memang sudah terkenal di Malaysia termasuk suporternya. Selain suporter Persib, juga

"Persib di sana pun sudah punya nama. Tapi bukan hanya Persib, di sana juga ada suporter Arema dan Persebaya. Mungkin di sini suporter beda tim agak ada gaduh, di sana (Malaysia) tidak. Suporter Arema dan Persib di sana pun baik-baik juga," ujar Hafiz.

Hafiz mengaku ingin mempelajari kultur suporter Persib Bandung, namun sayangnya belum ada waktu untuk mengenal lebih jauh soal bobotoh. "Kalau ada waktu saya ingin mempelajari juga dan kami terapkan di sana (Malasyia)," ucap Hafiz.

Video Populer

Foto Populer