Sukses


Dukungan Moril Andik Vermansah untuk Evan Dimas

Bola.com, Selangor - Bintang muda Indonesia, Evan Dimas Darmono resmi dipulangkan Espanyol B. Ia tak akan mendapatkan kontrak permanen dari klub Catalan tersebut. Kabar tersebut mengundang keprihatinan bintang Selangor FA asal Indonesia, Andik Vermansah.

Mengetahui pencoretan tersebut, Andik meminta Evan tidak berkecil hati. “Evan harus berbesar hati, mungkin ini belum rezekinya. Karier Evan masih panjang, masih banyak kesempatan yang bisa ia dapatkan,” ujar Andik.

Bagi mantan pemain Persebaya 1927 itu, tertutupnya peluang Evan bergabung dengan klub sekota Barcelona tersebut bukan kiamat. Ia berharap, Evan justru termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya sehingga ia tetap sukses meski tidak bersama Espanyol B.

Evan dinilai Andik memiliki semua syarat untuk menjadi bintang besar. Meski ukuran posturnya tergolong kecil, jebolan SSB Mitra Surabaya itu mempunyai kelebihan lain yang tak dimiliki banyak pemain Indonesia lainnya. Ia yakin, jika Evan bisa disiplin dan mau bekerja keras, karier Evan bakal lebih bersinar ketimbang sebelumnya.

Andik juga bisa memahami alasan Evan dipulangkan karena pernah merasakan betapa besarnya tuntutan untuk seorang pemain asing. Di level Asia Tenggara saja, menurut Andik tuntutannya begitu besar, apalagi jika bermain di level Eropa.

“Kalau di Malaysia saja sudah begitu tinggi, apalagi klub Eropa. Klub-klub di benua biru, termasuk Spanyol mempunyai standar tinggi untuk pemain asing yang akan direkrut dan tentu sulit dipenuhi pemain Asia Tenggara yang secara kualitas dua level di bawah mereka,” tuturnya.

Ia pun menyarankan juniornya itu mengambil pelajaran penting dari program pengembangan yang dijalaninya selama empat bulan di Spanyol. Dengan begitu, ia bisa menerapkannya saat kembali ke Indonesia.

“Kalau dia bisa mengelola apa yang ia miliki dengan baik, dia akan berada di level yang berbeda dengan kebanyakan pemain Indonesia lainnya,” sebut pemain kelahiran Jember 24 November 1991 itu.

Menurut Andik, Evan masih punya peluang besar bermain di luar negeri, khususnya di Asia. “Terpenting, Evan Dimas harus berani ambil kesempatan jika ada tawaran dari klub luar negeri. Saya yakin, dia masih mampu bersaing kalau di Jepang atau Korsel,” katanya.

 

 

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer