Sukses


Derbi Panginyongan, Persaingan 3 Klub ISC B di Banyumas Raya

Bola.com, Cilacap - Gelaran Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016 resmi diputar mulai 30 April mendatang. Ajang itu bakal menggairahkan klub kasta kedua sepak bola Indonesia, termasuk di wilayah pesisir selatan Jawa Tengah.

Wilayah pesisir selatan itu semakin bergairah memang karena ada tiga tim Divisi Utama yang tergabung di Grup 3 yakni, PSCS Cilacap, Persibangga Purbalingga, dan Persibas Banyumas. 

Derbi Pangiyongan atau partai sesama tim kawasan Banyumas Raya memanaskan persaingan tiga tim aliran Sungai Serayu tersebut. Kata Panginyongan dipopulerkan oleh penulis asal Banyumas, Ahmad Tohari, yang terkenal dengan karya trilogi Ronggeng Dukuh Paruk.

Panginyongan berasal dari suku kata inyong, dalam bahasa Banyumasan berarti saya atau aku. Panginyongan merepresentasikan budaya dan bahasa Banyumasan.

"Laga Panginyongan akan menggeser sepak bola Jateng ke sisi selatan yang selama ini kental dengan warna PSIS Semarang maupun Persis Solo. Apalagi Banyumas Raya satu-satunya eks karesidenan yang mengirimkan tiga wakil. Tentu antusias mayarakat sangat luar biasa," kata Ketua Umum Persibas, Supangkat kepada bola.com, Rabu (20/4/2016).

Jika melihat ke belakang, PSCS mengawali kemajuan sepak bola pesisir selatan usai promosi ke Divisi Utama, pada 2010. Dua tahun berselang, giliran Persibangga mengikuti langkah Cilacap. Sementara Persibas promosi ke Divisi Utama dari Liga Nusantara, tahun lalu.

Supangkat menjelaskan, iklim sepak bola di Banyumas Raya yang kondusif selama ini harus tetap dijaga. Sebab jika tak terjadi gesekan antarpenonton, tiga tim nanti akan mendapatkan keuntungan dari sisi finansial. Hal tersebut terlihat dalam ajang pemanasan bertajuk turnamen Piala Bupati Purbalingga awal bulan ini.

Dalam turnamen yang dimenangkan PSCS itu, antusiasme masyarakat dari tiga wilayah untuk hadir ke stadion cukup tinggi. "Selama ini ada stigma bahwa ada ketakutan masyarakat menyaksikan derbi Pangiyongan. Pemikiran semacam itu harus dihilangkan dan lambat-laun mulai terkikis. Agar tetap kondusif, harus ada sulaturahmi antarsuporter," tutur Supangkat.

Ketua Umum PSCS, Farid Ma'ruf memuji dua tim tetangga dengan menilai Persibangga dan Persibas memiliki potensi untuk bersaing di Grup 3. Meski persiapan cukup minim dibanding PSCS, Farid menilai kekuatan rivalnya harus diwaspadai.

"Persaingan grup ini sebenarnya merata karena daa PSGC Ciamis dan Persis Solo yang juga persiapan lama. Tentu warga Banyuma Raya antusias menyambut tiga tim ini," ujar Farid.

Sementara sekretaris Persibangga, Imam SR menyebut persaingan tiga tim tersebut bakal ketat. Gengsi membawa nama daerah jadi bumbu utama dalam mengarungi ISC B.

Video Populer

Foto Populer