Sukses


    4 Syarat untuk Jadi Kiper Utama Persib

    Bola.com, Bandung - Stamina, mental, fisik, dan kesehatan harus dipenuhi I Made Wirawan, M. Natsir, dan Muhamad Ridwan jika ingin menjadi kiper utama Persib Bandung dalam sebuah pertandingan. 

    Menurut pelatih kiper Anwar Sanusi, empat hal itu manjadi pertimbangan dirinya untuk mengajukan siapa kiper yang layak mengawal gawang Persib.

    Mantan kiper Persib era 90-an ini mengaskan tim pelatih tidak mengistimewakan salah satu dari tiga Persib yang ada saat ini. Penunjukan kiper utama Persib untuk sebuah laga tak lepas dari kesiapan pemain.

    "Yang menjadi pertimbangan kami tentu ada empat hal yakni stamina, mental, fisik dan kesehatan kiper itu sebelum pertandingan. Nah, kalau memenuhi syarat itu pasti dia akan kami rekomendasikan kepada pelatih kepala," kata Anwar Sanusi kepada bola.com, Rabu (27/4/2016).

    Yang menjadi catatan, hingga saat ini I Made Wirawan mendominasi sebagai kiper utama Persib. Menurut pelatih kiper yang akrab dipanggil Away itu, hal lainnya yang dilihat pelatih adalah pengalaman atau jam terbang si penjaga gawang itu.

    "Tapi, ada hal lainnya yaitu pengalaman dari setiap penjaga gawang yang ada. Itu mungkin yang selama ini menjadi dasar penunjukan I Made Wirawan sebagai kiper utama. Saya sebagai pelatih kiper hanya mengajukan kepada pelatih kepala, siapa yang siap dan pelatih kepala yang menentukan siapa yang harus diturunkan," Away mengakhiri pembicaraan.

    Seperti diketahui, persaingan memperebutkan kiper utama Persib sangat ketat. Tiga kiper yang ada saat ini mempunyai label kiper timnas. M. Ridwan dan M. Natsir pernah mengawal gawang Timnas U-23. Sedangkan I Made Wirawan hingga saat ini tak pernah tergantikan menjadi kiper utama Timnas Senior.

    I Made Wirawan mempunyai pengalaman yang lebih ketimbang dua junior itu. Mengawali karier di Perseden Denpansar tahun 2002-2004, penampilan apik I Made Wirawan dilirik Persiba Balikpapan dan bertahan di klub itu hingga lima musim sebelum akhirnya hengkang ke Persib pada tahun 2012.

    Sejak membela Persib Bandung, I Made Wirawan pun menjadi andalan di bawah mistar gawang Timnas Senior sejak 2011-2014 dengan sembilan kali penampilan.

     

    Video Populer

    Foto Populer